Dark/Light Mode

Kembali Hadir Sapa Pecinta Budaya Negeri Sakura

Pesan Jak-Japan Matsuri: RI-Jepang Selalu Berteman

Sabtu, 15 Oktober 2022 05:59 WIB
Suasana kemeriahan acara Jak-Japan Matsuri.(Foto www.jakjapanmatsuri.id)
Suasana kemeriahan acara Jak-Japan Matsuri.(Foto www.jakjapanmatsuri.id)

 Sebelumnya 
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi mengatakan, para pengunjung bisa ikut mengarak omikoshi tersebut dan bersama-sama merasakan suasana Matsuri Jepang.

“Ketika kecil, setiap tahunnya saya selalu menantikan Matsuri di tempat saya tinggal. Saya sangat terpesona pada sosok gagah para pengarak omikoshi dan seruan penuh semangat dari orang-orang yang berkumpul,” kenang Dubes Kanasugi dalam tulisannya, di Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Elite Demokrat Dan Elite Banteng Saling Adu Data

“Sebagian acara juga akan disiarkan secara daring melalui YouTube, sehingga meskipun teman-teman pembaca berada di tempat yang jauh, kami berharap kalian tetap dapat bergabung dengan acara Jak-Japan Matsuri tahun ini,” harapnya.

Selain kegiatan tersebut, pada JJM kali ini akan dimeriahkan penampilan para artis dari kedua negara, permainan e-football dari pesepak bola Arhan-Tokyo Verdy, batik fashion show, workshop kaligrafi Jepang, dessert Jepang yang dibuat oleh chef Dubes Jepang, talkshow sulih suara, dan acara lain yang membuat para pembaca dapat menikmati budaya dari kedua negara.

Baca juga : Ini Upaya Pemkab Banjarnegara Tekan Peredaran Minuman Beralkohol

JJM merupakan acara tahunan yang pertama diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2009 melalui kerja sama pemerintah dan swasta. JJM diharapkan menjadi wadah rakyat Indonesia dan Jepang untuk memperdalam ikatan dan mengembangkan persahabatan kedua negara.

JJM 2022 adalah JJM ke-12 sekaligus pagelaran pertama setelah vakum selama kurang lebih dua tahun akibat pandemi. JJM 2022 memiliki tema utama dan subtema khusus yang memiliki tujuan dan harapan diadakannya acara ini.

Baca juga : Kapolri Tekankan Jaga Persatuan Dan Kesatuan

Acara ini mengusung tema utama Indonesia Japan Always Together. Di dalamnya terkandung harapan berupa Indonesia dan Jepang akan selalu bersama-sama dalam keadaan apa pun.

Sementara itu, sub-temanya adalah Berkawan itu menyenangkan. Di dalamnya terkandung pesan bahwa setelah menghadapi pandemi Covid-19, meneguhkan hubungan keluarga dan pertemanan, serta menegaskan kembali bahwa Indonesia dan Jepang masih berteman dengan baik. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.