Dark/Light Mode

Filipina Diguncang Gempa Bumi, 8 Orang Tewas 60 Orang Luka-luka

Sabtu, 27 Juli 2019 13:26 WIB
Ilustrasi gempa. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi gempa. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi yang mengguncang Filipina menambah korban tewas menjadi 8 orang. Akibat empa bumi yang mengguncang pada Sabtu (27/7) menyebabkan 60 orang juga mengalami luka-luka. 

Seperti dikutip dari reuters.com, Sabtu (27/7) data pemerintah Filipina menyebut gempa bumi itu berkekuatan 5,4 scala richter yang persisnya mengguncang Kepulauan Batanes.

Baca juga : Akibat Gempa Bali, 24 Bangunan Rusak, Termasuk Pura Lokanantha

Adapun gempa susulan terjadi dengan kekuatan 5,9 scala richter. Pada gempa bumi pertama, lima orang tewas dan tiga orang lainnya tewas dalam gempa susulan.

"Musibah ini telah menimbulkan traumatik. Kami masih terkejut dengan gempa susulan yang terjadi," kata Edna Gato, guru sekolah di kota Itbayat, Filipina.

Baca juga : Suhendra: Negara Besar Butuh Orang Gila yang Waras

Badan Nasional Bencana Filipina mengatakan pihaknya telah mengirimkan tim medis dan penyelamat ke lokasi bencana. Kepulauan Batanes terletak dekat Kepulauan Luzon di Filipina dan Taiwan.

Militer Filipina telah mengerahkan sebuah pesawat untuk menyelamatkan orang-orang yang terluka dan membagikan bantuan.

Baca juga : Pangandaran Diguncang Gempa 5,2 SR

Gato mengatakan ada lebih dari seribu orang berdiri dan bekerumun di ruang-ruang terbuka setelah banyak rumah yang rusak dan rumah-rumah tua penduduk benar-benar hancur. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.