Dark/Light Mode

Banjir & Longsor Di Manggarai Barat, 2 Tewas 6 Hilang

Jumat, 8 Maret 2019 16:50 WIB
Banjir & Longsor Di Manggarai Barat, 2 Tewas 6 Hilang

RM.id  Rakyat Merdeka - Hujan deras yang turun di daerah Manggarai Barat, ditambah kondisi topografi perbukitan dan tanah yang labil, telah menyebabkan banjir dan longsor di Kecamatan Komodo dan Kecamatan Mbliling Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (7/3/2019) pukul 07.00 WIT.⁣

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, ⁣musibah tersebut menimbulkan 2 korban jiwa, 6 hilang, dan 3 luka-luka. Kerugian material meliputi 3 unit rumah rusak berat, 1 unit jembatan rusak, 2 unit sepeda motor tertimbun longsor, 1 unit kios rusak berat tertimpa longsor, dan jalan tertutup longsor.

Baca juga : Nenek Leong, Pedagang Mi Pangsit Tertua Asia

"Ruas jalan Ruteng – Labuan Bajo lumpuh total akibat longsor⁣," ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/3).

⁣ Ia menambahkan, sampai saat ini, tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat bersama TNI, Polri, SKPD dan relawan masih terus melakukan evakuasi dan kaji cepat di lokasi kejadian.

Baca juga : Arus Logistik Di Jakarta Bisa Tembus Rp 330 Miliar/Tahun

Proses evakuasi terkendala akses komunikasi, karena sinyal telepon genggam sering tidak tertangkap. Kebanyakan merupakan daerah blankspot sinyal di lokasi bencana. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.