Dark/Light Mode

PT DI Latih Militer Brunei Terbangkan CN235

Sabtu, 22 Oktober 2022 07:58 WIB
Test Pilot dan Flight Instructor Esther Gayatri Saleh (kanan) dan  Mayor Moh Adieb bin Abd Rahman pilot Angkatan Udara Kerajaan Brunei, usai pelatihan mengoperasikan CN235 di Brunei Darussalam. (Foto KBRI Bandar Seri Begawan)
Test Pilot dan Flight Instructor Esther Gayatri Saleh (kanan) dan Mayor Moh Adieb bin Abd Rahman pilot Angkatan Udara Kerajaan Brunei, usai pelatihan mengoperasikan CN235 di Brunei Darussalam. (Foto KBRI Bandar Seri Begawan)

 Sebelumnya 
PT DI melaksanakan tiga program pelatihan penerbangan RBAF. Yakni pilot Captaincy, Maintenance Check Pilot dan Flight Instructor.

PT DI menugaskan Captain Esther Gayatri Saleh yang merupakan Test Pilot dan Flight Instructor serta Flight Test Engineer Iqbal untuk melatih Mayor Moh Adieb bin Abd Rahman penerbang RBAF. 

Baca juga : BNPT Raih Penghargaan Terbaik Ke-2 JDIHN Award 2022

Program pelatihan tersebut berlangsung dari awal bulan September 2022 hingga minggu ke-3 Oktober 2022.

Bertahun-tahun, PT DI telah meningkatkan produk CN235-220.  Seperti: 1. Meningkatkan berat lepas landas dari 15.400 Kg menjadi 16.500 Kg. 2. Kembangkan winglet untuk meningkatkan konfigurasi Maritime Patrol Aicraft (MPA) dalam performa dan stabilitas. 3. Full Glass Cockpit dengan Avionik Generasi Berikutnya dan Sistem Kontrol Penerbangan Otomatis (Genesys) yang terintegrasi.

Baca juga : Kekayaan SDA Kaltim Jadi Faktor Pendukung Pembangunan IKN

RBAF adalah pelanggan PT DI sejak 1997. Pesawat CN235-110 yang dimiliki masih mampu terbang dengan baik selama 25 tahun, dan telah mendapatkan dukungan perawatan dari PT DI. Termasuk juga pelatihan pengoperasian pesawat tersebut.

Atas kehadiran Esther Gayatri dan Iqbal di Brunei, Dubes Sujatmiko menggelar jamuan makan malam, Kamis (20/10). ***

Baca juga : Kembali Melangit, TransNusa Buka Penjualan Tiket Penerbangan Ke-3 Kota

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.