Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kekayaan SDA Kaltim Jadi Faktor Pendukung Pembangunan IKN

Sabtu, 1 Oktober 2022 19:35 WIB
Rencana IKN Nusantara. (Foto: Istimewa)
Rencana IKN Nusantara. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah telah memutuskan Ibu Kota Negara (IKN) akan dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim), tepatnya di antara Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Ketua Majelis Adat Paser Kabupaten Kutai Kartanegara, Haji Anwar menilai, keputusan yang diambil pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tepat.

Sebab, di samping letak geografis provinsi Kaltim berada di tengah wilayah Indonesia, Sumber Daya Alam (SDA) di Pulau Borneo yang melimpah juga dapat mendukung berlangsungnya pembangunan IKN Nusantara itu.

Baca juga : Jelang Akhir Pekan, Rupiah Kembali Menguat

"Program pemerintah pusat memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia ke Kaltim merupakan keputusan tepat. Kekayaan sumber daya alam (SDA) juga dapat menjadi pendukung keberadaan dan keberlangsungan IKN di Kaltim," kata Haji Anwar kepada wartawan, Sabtu (1/10).

Haji Anwar memandang, keberadaan IKN Nusantara diharapkan dapat membawa manfaat tersendiri bagi masyarakat, khususnya masyarakat lokal Kaltim.

"Kehadiran IKN diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Salah satunya, penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat lokal, termasuk penduduk asli dan putera-puteri daerah Kaltim," tuturnya.

Baca juga : Temu Kader Di Kaltim, HT: Perindo Perjuangkan Kesejahteraan Rakyat

Lebih lanjut, Anwar menuturkan pihaknya di Majelis Adat Paser Kabupaten Kukar mengimbau dan mendorong masyarakat lokal untuk turut berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan IKN Nusantara tersebut.

"Majelis Adat Paser Kabupaten Kukar juga mengimbau, dan mendorong masyarakat di Kabupaten Kukar, untuk ikut berperan aktif mendukung, serta berpartisipasi dalam proses pembangunan IKN di Kaltim," imbaunya.

Tak hanya itu, Anwar juga memberikan ultimatum kepada semua pihak yang mencoba untuk menghambat proses pembangunan IKN Nusantara.

Baca juga : Komisi II DPR Dukung Pembangunan Perbatasan Negara

"Mendesak kepada oknum maupun pihak tidak bertanggung jawab, untuk menghentikan segala kegiatan yang dapat merusak dan menghambat proses pembangunan IKN di tanah Kaltim," pintanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.