Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Duta Besar Indonesia Untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin

Boyong 16 Pengusaha Afrika Ke TEI 2022

Senin, 24 Oktober 2022 07:40 WIB
Dubes RI untuk Kenya Hery Saripudin. (Foto Paul Yoanda/RM)
Dubes RI untuk Kenya Hery Saripudin. (Foto Paul Yoanda/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerja sama ekonomi dengan negara-negara di Afrika Timur menjadi salah satu target Pemerintah untuk meningkatkan ekspor. Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kenya, Uganda, Somalia, dan Kongo, Mohamad Hery Saripudin, menyampaikan pihaknya aktif berupaya memaksimalkan potensi kerja sama tersebut.

Untuk mensukseskan target itu, Dubes Hery bersama tim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Nairobi, Kenya, memboyong 16 pengusaha dari empat negara akreditasi KBRI Nairobi. Yaitu Kenya, Somalia, Uganda, dan Republik Demokratik Kongo, menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 di Indonesia, pada 19-23 Oktober 2022.

Baca juga : Dubes Sulis Boyong 101 Pengusaha Korsel Ke Indonesia

Dia bilang, para pengusaha itu merupakan buyers yang akan mencari produk Indonesia untuk diimpor ke negaranya masing-masing.

“Mereka mencari mitra potensial untuk perdagangan, investasi, maupun peluang kerja sama joint ventures,” kata Hery, saat bertemu sejumlah awak media di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (21/10) malam.

Baca juga : Sosialisasi Layanan Kepabeanan Barang Pindahan

Hery menjelaskan, para pengusaha dari keempat negara ini tertarik pada beberapa sektor. Terutama makanan dan minuman, obat-obatan, kosmetik, produk-produk perawatan diri, jasa perhotelan, tekstil, garmen, alat tulis, elektronik, bahan-bahan konstruksi, suku cadang otomotif, minyak kelapa sawit dan industri minyak.

Dia menyampaikan, KBRI Nairobi juga akan memfasilitasi pertemuan forum bisnis antara pengusaha Indonesia-Kenya dan antara pengusaha Indonesia-Somalia. Target dari pertemuan forum bisnis itu antara lain untuk mix and match, membuka peluang ekspor produk Indonesia serta peluang kerja sama lainnya.

Baca juga : Badan Promosi Industri Seongnam Boyong 12 Perusahaan Korsel Ke RI

“Termasuk joint ventures, hingga membahas mengenai hambatan-hambatan perdagangan antara Indonesia dengan Afrika Timur,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.