Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Duta Besar Indonesia Untuk Swedia Kamapradipta Isnomo

Raja Carl Gustaf Kenang Kunjungan Ke Yogya Dan Bandung

Jumat, 28 Oktober 2022 06:30 WIB
Duta Besar Kamapradipta Isnomo dan istri, Fifi Kamapradipta 
melakukan audiensi kepada Raja Carl XVI Gustaf, Ratu Silvia 
serta Puteri Mahkota Victoria dan Pangeran Daniel di Royal Palace (Kungliga Slottet) Stockholm, Swedia, 20 Oktober 2022. (Foto Sara Friberg/Kungl Hovstaterna)
Duta Besar Kamapradipta Isnomo dan istri, Fifi Kamapradipta melakukan audiensi kepada Raja Carl XVI Gustaf, Ratu Silvia serta Puteri Mahkota Victoria dan Pangeran Daniel di Royal Palace (Kungliga Slottet) Stockholm, Swedia, 20 Oktober 2022. (Foto Sara Friberg/Kungl Hovstaterna)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia (Dubes RI) untuk Swedia merangkap Latvia, Kamapradipta Isnomo dan istri, Fifi Kamapradipta telah melakukan audiensi kepada Raja Carl XVI Gustaf, Ratu Silvia serta Puteri Mahkota Victoria dan Pangeran Daniel.

Pertemuan berlangsung 20 Oktober lalu di Royal Palace (Kungliga Slottet) Stockholm. Resepsi diplomatik itu juga dihadiri Dubes Irlandia, Swiss dan Ukraina.

Baca juga : Indonesia Siap Jadi Lokomotif Keamanan & Kemakmuran Global

Dalam perbincangan dengan Kamapradipta, Raja Carl XVI Gustaf mengenang kunjungan kenegaraannya ke Indonesia pada 2012 dan 2017. Dia mengaku terkesan saat berkunjung ke kota Bandung dan Yogyakarta, disambut para Pramuka Indonesia. Sebab, Raja Carl XVI Gustaf adalah Ketua Kehormatan World Scout Foundation sejak 1977.

Menurut Dubes Kama, Raja Carl XVI Gustaf juga sangat mengagumi kemajuan ekonomi Indonesia dan sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Raja Carl pun punya perhatian yang cukup tinggi atas perubahan iklim dan lingkungan hidup.

Baca juga : Sowan Ke Menko Airlangga

”Beliau berharap, Indonesia dapat menjadi contoh yang baik bagi dunia internasional,” terang Dubes Kama, dalam keterangannya yang diterima Rakyat Merdeka, kemarin.

Sementara Puteri Mahkota Victoria menyampaikan perhatiannya terhadap rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dia tertarik terhadap hutan tropis di Kalimantan serta satwa orangutan. Puteri Victoria pun berharap, IKN dapat menjadi green and smart capital of Indonesia.

Baca juga : Beri Kesempatan Mahasiswa HI Magang Di KBRI Nairobi

Resepsi yang digelar keluarga Kerajaan berlangsung hangat dan akrab. “Apalagi keluarga Kerajaan Swedia memiliki pemahaman dan perhatian yang baik terhadap Indonesia,” terang Dubes yang didaulat sebagai Wakil Ketua Komite I (Komite Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata) untuk Sidang Majelis Umum PBB ke-71, periode September 2016 hingga September 2017.

Indonesia dan Swedia menjalin hubungan diplomatik sejak 1950. Swedia adalah mitra perdagangan terbesar Indonesia di negara Skandinavia. Selain itu, warga Swedia adalah wisatawan terbesar yang mengunjungi Indonesia dari kawasan tersebut. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.