Dark/Light Mode

Ledakan Bom Di Somalia

Sedih, 100 Orang Tewas Termasuk Ibu Dan Anak

Senin, 31 Oktober 2022 07:05 WIB
Ledakan dua bom mobil menghancurkan bangunan di kawasan Zobe, Mogadishu, Somalia, Sabtu, 29 Oktober 2022. (Foto Twitter East Africa Frontline)
Ledakan dua bom mobil menghancurkan bangunan di kawasan Zobe, Mogadishu, Somalia, Sabtu, 29 Oktober 2022. (Foto Twitter East Africa Frontline)

 Sebelumnya 
Dua mobil yang penuh dengan bahan peledak diledakkan, diikuti tembakan yang menyasar Kementerian Pendidikan Somalia. Ledakan sore itu menghancurkan jendela gedung-gedung di dekatnya, membuat pecahan peluru dan gumpalan asap dan debu ke udara.

Baca juga : Akhir Pekan Berdarah Di Somalia, 100 Orang Tewas

Sebelumnya, di tempat yang sama, sebuah truk yang penuh dengan bahan peledak, meledak pada 14 Oktober 2017. Kejadian ini menewaskan 512 orang dan melukai lebih dari 290 orang.

Baca juga : Pesta Halloween Di Korsel Renggut 149 Nyawa, Termasuk 2 WNA, 76 Luka

Mohamud menggambarkan insiden itu sebagai sejarah yang berulang. “Ini tidak benar. Insya Allah, mereka tidak akan memiliki kemampuan untuk melakukan insiden Zobe lainnya,” tegasnya, merujuk pada kelompok Islam Al-Shabaab.

Baca juga : Topan Sitrang Sapu Bangladesh, 16 Orang Tewas

Mohamud juga meminta masyarakat internasional dan negara Muslim dunia mengirimkan tenaga kesehatan ke negara itu untuk membantu menangani para korban yang terluka. "Kami meminta mitra internasional kami dan Muslim di seluruh dunia untuk mengirim dokter mereka ke sini karena kami tidak dapat mengirim semua korban ke luar negeri untuk perawatan," katanya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.