Dark/Light Mode

Di Tengah Ketegangan Perang Rusia Vs Ukraina

Xi Jinping-Olaf Scholz Akhirnya Kopi Darat

Sabtu, 5 November 2022 07:05 WIB
Kanselir Jerman Olaf Scholz (kiri) dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Beijing, China, Jumat, 4 November 2022. (Foto AFP)
Kanselir Jerman Olaf Scholz (kiri) dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Beijing, China, Jumat, 4 November 2022. (Foto AFP)

 Sebelumnya 
Satu hal yang disetujui koalisi tiga partai Jerman adalah mengembangkan strategi baru dengan China. Kunjungan Scholz ke Beijing diyakini akan mendorong kesepakatan kontroversial untuk memungkinkan perusahaan pelayaran milik negara China, Cosco, membeli 24,9 persen saham minoritas di salah satu terminal pelabuhan Hamburg.

Baca juga : Bamsoet Dorong Penghentian Perang Rusia-Ukraina Secara Damai

Negara-negara Baltik dan beberapa negara bekas blok Uni Soviet lainnya juga semakin curiga terhadap pertumbuhan pengaruh ekonomi China di Eropa. Apalagi, Xi pernah bilang tentang adanya persahabatan “tanpa batas” antara Beijing de￾ngan Moskow. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.