Dark/Light Mode

Di Tengah Ketegangan Perang Rusia Vs Ukraina

Xi Jinping-Olaf Scholz Akhirnya Kopi Darat

Sabtu, 5 November 2022 07:05 WIB
Kanselir Jerman Olaf Scholz (kiri) dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Beijing, China, Jumat, 4 November 2022. (Foto AFP)
Kanselir Jerman Olaf Scholz (kiri) dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Beijing, China, Jumat, 4 November 2022. (Foto AFP)

 Sebelumnya 
Scholz mendarat di Beijing kemarin pagi. Ini adalah kunjungan pertama seorang pemimpin negara maju dari kelompok Group of Seven (G7) ke China dalam tiga tahun terakhir. Karena, sejak pandemi Covid-19, negara dengan perekonomian terbesar kedua dunia itu menutup sebagian besar perbatasannya.

Scholz, pemimpin negara G7 pertama yang mengunjungi China sejak awal pandemi. Ia hanya berkunjung satu hari di Beijing. Dilansir AFP, menurut para analis, kunjungan singkat ini akan menguji hubungan antara China dan Barat setelah bertahun-tahun ketegangan meningkat.

Baca juga : Bamsoet Dorong Penghentian Perang Rusia-Ukraina Secara Damai

Kunjungan kontroversial itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Barat dan China terkait berbagai masalah. Mulai dari Taiwan hingga dugaan pelanggaran hak asasi manusia terhadap minoritas Uighur di Xinjiang.

Kerja Sama Ekonomi

Baca juga : Jokowi Dan Xi Jinping Mau Jajal Kereta Cepat

Scholz berusaha menekankan perlunya kerja sama ekonomi yang berkelanjutan dengan China, lantaran sektor ekonomi kedua negara saling mempengaruhi. Bahkan beberapa pejabat dalam pemerintahan koalisi Scholz khawatir hubungan itu terlalu dekat.

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock belum lama ini mengatakan, kesalahan yang dibuat di masa lalu dengan Rusia tidak boleh terulang. Namun, Scholz bersikeras bahwa pembicaraan langsung dengan para pemimpin China “lebih penting” setelah sempat terhenti karena pandemi Covid-19.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.