Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ignasius Jonan Raih Anugerah Bintang Jasa Dari Kaisar Jepang

Rabu, 9 November 2022 23:50 WIB
Mantan Menteri Perhubungan dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan (keempat kanan) saat menerima penghargaan dari Kaisar Jepang Naruhito, di Istana Kekaisaran Tokyo, Rabu (9/11). (Foto: Istimewa)
Mantan Menteri Perhubungan dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan (keempat kanan) saat menerima penghargaan dari Kaisar Jepang Naruhito, di Istana Kekaisaran Tokyo, Rabu (9/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Menteri Perhubungan dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mendapatkan anugerah Bintang Jasa dari Kaisar Jepang Naruhito, di Istana Kekaisaran Tokyo, Rabu (9/11). Penghargaan ini diberikan atas kontribusi Jonan dalam memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jepang.

Selain Jonan, ada tiga orang lain yang mendapatkan anugerah Pemerintah Jepang. Mereka adalah mantan Ketua DPR Akbar Tanjung, mantan Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, dan Wakil Ketua Badan Pengurus Perkumpulan Jepang Jawa Timur Joshie Karyadi Halim.

Jonan dan Syarief Hasan mendapat anugerah The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star. Akbar mendapatkan anugerah The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun. Sedangkan Karyadi mendapatkan anugerah The Order of the Rising Sun, Silver Rays.

Baca juga : Istri Ridwan Kamil Raih Penghargaan Dari Ikatan Penerbit Indonesia

Jonan sangat bersyukur mendapatkan penghargaan ini. Dia pun berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang telah memberikan kesempatan kepadanya untuk mengemban amanah sehingga mendapatkan penghargaan itu.

"Saya terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, Bapak Presiden (Joko Widodo) yang menugaskan saya di dua tempat, Kementerian ESDM dan di Kementerian Perhubungan. Juga kepada Pak SBY yang menugaskan saya di Kereta Api Indonesia selama 6 tahun," kata Jonan.

Setelah mendapatkan penghargaan ini, Jonan berharap generasi muda bisa membangun kerja sama yang lebih baik dan menguntungkan antara Indonesia dengan Jepang, terlepas dari perkembangan zaman yang berubah. Jonan sekarang fokus di sektor swasta, namun masih berkomunikasi bisnis dengan pemegang saham perusahaannya dari Jepang.

Baca juga : Elnusa Petrofin Raih Penghargaan Patra Nirbhaya Dari Kementerian ESDM

Berdasarkan keterangan KBRI Jepang, terdapat sejumlah tingkatan dari penghargaan ini. Penghargaan diurutkan dari yang tertinggi, yaitu The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun; The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star; The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon; The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Rosette; The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Rays, dan terakhir The Order of the Rising Sun, Silver Rays.

Penghargaan The Order of the Rising Sun diberikan kepada individu yang telah mencapai prestasi luar biasa dalam hubungan internasional, mempromosikan budaya Jepang, dan pelestarian lingkungan. Penghargaan ini diberikan pertama kali oleh Kaisar Meiji pada 1875.

Sementara bintang jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun dari Kaisar Jepang sebelumnya pernah diterima Menteri Luar Negeri periode 1988-1999 Ali Alatas pada 2007 dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2010-2014 Ginanjar Kartasasmita pada 2008. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Mei 2022 juga menerima penghargaan Grand Cordon of the Order of the Rising Sun.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.