Dark/Light Mode

Kembali Bersaing Sengit Di Pemilu Sela AS

Republik Bisa Rebut DPR, Demokrat Dominasi Senat

Rabu, 9 November 2022 07:05 WIB
Pemilih menuju TPS di Rodef Shalom Congregation, Pittsburgh, 
Negara Bagian Pennsylvania, Amerika Serikat, Selasa, 8 November 2022. (Foto Quinn Glabicki/Reuters)
Pemilih menuju TPS di Rodef Shalom Congregation, Pittsburgh, Negara Bagian Pennsylvania, Amerika Serikat, Selasa, 8 November 2022. (Foto Quinn Glabicki/Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Paman Sam mulai memberikan suara dalam pemilu sela yang digelar Selasa (8/11). Pemilihan kali ini berlangsung sengit antara Partai Demokrat dan Republik.

Dilansir AFP kemarin, dominasi Partai Demokrat atas Partai Republik tergolong sangat tipis, yang menjadikan pemilu sela tahun ini sebagai persaingan ketat. Jajak pendapat mengindikasikan, Partai Republik bisa merebut dominasi di DPR AS (House of Representative/HoR), namun Partai Demokrat masih akan mendominasi Senat.

Baca juga : Partai Republik Usung Calon Senator Muslim

Kemarin, tempat-tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah pantai timur mulai dibuka pada pukul 6:00 pagi waktu setempat, atau malam WIB. Tercatat, lebih dari 42 juta orang Amerika memberikan suara lebih awal menjelang pemilihan sela Selasa.

Menurut pantauan US Election Project, Senin ( 7/11), tercatat lebih dari 19,3 juta suara awal yang diberikan secara langsung dan 22,7 juta melalui surat dengan total 42,03 juta suara. Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding 39,1 juta orang yang memberi suara lebih awal pada pemilu sela pada 2018.

Baca juga : Bamsoet Ajak Seluruh Elemen Bangsa Ciptakan Pesta Demokrasi Suka Cita

Sebagian besar dari 50 negara bagian AS mengizinkan pemilih untuk memberikan suara lebih awal, baik secara langsung atau melalui surat. Praktik itu telah dilakukan selama Pemilihan Presiden 2020, saat puncak pandemi Covid-19.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.