Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Nyapres Lagi, Donald Trump Bersumpah Tandai Kebangkitan Amerika

Rabu, 16 November 2022 10:57 WIB
Donald Trump mengumumkan rencananya untuk kembali nyapres di Mar-a-Lago, Florida, Selasa (15/11). (Foto: Tangkapan layar CNN)
Donald Trump mengumumkan rencananya untuk kembali nyapres di Mar-a-Lago, Florida, Selasa (15/11). (Foto: Tangkapan layar CNN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Donald Trump resmi mengumumkan rencana untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) di Pilpres 2024.

Di hadapan para pendukungnya di Mar-a- Lago Florida, Trump bersumpah, dia akan menandai kebangkitan Amerika.

"Untuk membuat Amerika kembali hebat dan jaya, malam ini saya mengumumkan pencalonan sebagai Presiden Amerika Serikat," kata Trump, yang kontan disambut tepuk tangan meriah oleh para pendukungnya, Selasa (15/11) malam.

"Mulai sekarang, hingga hari Pemilu 2024, saya akan berjuang seperti yang belum pernah dilakukan siapa pun sebelumnya. Kami akan mengalahkan kaum kiri radikal Demokrat, yang mencoba menghancurkan Amerika dari dalam," tegas pria kelahiran New York, 14 Juni 1946 itu, seperti dikutip CNN International. 

Baca juga : Lavrov Tegaskan, Rusia Tak Pernah Tolak Negosiasi Dengan Ukraina

Dalam pidato deklarasi tersebut, Trump juga mengatakan, ancaman terbesar gerakannya, berasal dari dalam negeri.

Presiden ke-45 AS itu bilang, penyelidikan yang dilakukan Departemen Kehakiman terkait dokumen rahasia pemerintah AS di kediaman pribadinya di Mar-a-Lago - adalah bentuk persenjataan sistem peradilan.

"Saya adalah korban," begitu kata Trump.

"Ini bukan sekedar kampanye. Ini adalah upaya untuk menyelamatkan negara kita. Karena itu, saya meminta suara Anda. Saya meminta dukungan Anda," tandasnya.

Baca juga : Heru Apresiasi Dukungan Jepang Dan Inggris Untuk Pengembangan MRT Jakarta

Jika menang, Trump berjanji akan menghancurkan kekuatan tirani. Dia akan melepaskan kemuliaan kebebasan untuk seluruh warga AS.

"Zaman keemasan Amerika sudah dekat. Terima kasih banyak. Tuhan memberkati kalian semua," ujar Trump.

Untuk mencalonkan diri sebagai presiden, Trump harus memenangkan nominasi Partai Republik, yang bisa saja mendominasi Dewan Perwakilan Rakyat.

Pemilih paruh waktu, umumnya menolak kandidat yang mendukung klaim Trump yang tidak berdasar, tentang penipuan pemilu pada tahun 2020.

Baca juga : Lagi, Hakim Agung Jadi Tersangka Suap Perkara

Salah satu rival nyata Trump dalam nominasi Capres Partai Republik untuk Pilpres 2024 adalah Ron DeSantis (44).

Bintang Republik ini berhasil mempertahankan kursi Gubernur Florida dalam pemilu sela AS pada 8 November lalu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.