Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

DPR Dikuasai GOP, Presiden AS Kasih Selamat

Biden Siap Kerja Sama Dengan Partai Republik

Jumat, 18 November 2022 07:05 WIB
Calon Ketua DPR Amerika Serikat dari Partai Republik Kevin McCarthy. (Foto Alex Brandon/Associated Press)
Calon Ketua DPR Amerika Serikat dari Partai Republik Kevin McCarthy. (Foto Alex Brandon/Associated Press)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat kepada rivalnya dari Partai Republik, karena berhasil merebut kursi mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS. Biden bersedia bekerja sama untuk melayani rakyat Paman Sam.

Grand Old Party (GOP), sebutan lain partai Republik, berhasil merebut kursi mayoritas di DPR, sehari setelah mantan Presiden AS yang juga rival Biden, Donald Trump, mengumumkan pencalonannya untuk Pemilu 2024, Selasa (15/11) waktu AS, atau Rabu (16/11) WIB.

Baca juga : Jokowi dan Macron Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan

Kantor berita NBC dan CNN International memproyeksikan kemenangan bagi Partai Repub´┐żlik, dengan setidaknya 218 kursi di DPR yang beranggotakan 435 orang. Sedangkan Demokrat 211 kursi.  Angka 218 merupakan threshold untuk menguasai lembaga tinggi negara itu.

“Rakyat Amerika ingin kami menyelesaikan sesuatu untuk mereka,” kata Biden setelah media AS memproyeksikan kemenangan tipis Partai Republik di DPR AS setelah Pemilu Sela 8 November lalu.

Baca juga : Bertemu Presiden Komisi Eropa, Jokowi Perkuat Kerja Sama Ekonomi Indo-Pasifik

“Dan saya akan bekerja dengan siapa pun, Republik atau Demokrat untuk memberikan hasil untuk rakyat,” kata Biden dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir kantor berita AFP, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.