Dark/Light Mode

Semua Barang Berharga Digasak

Kapal Tanker Dibajak, 17 ABK WNI Selamat

Senin, 5 Desember 2022 07:45 WIB
Kapal tanker B-Ocean. (Foto: MARINETRAFFIC).
Kapal tanker B-Ocean. (Foto: MARINETRAFFIC).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 17 Warga Negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) tanker B-Ocean, berhasil diselamatkan dari pembajakan. Mereka kini telah berada di tempat yang aman, dan sudah bisa menghubungi keluarga di Indonesia.

Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Dakar, Senegal mengungkapkan, Kapal B-Ocean dibajak di perairan wilayah selatan Pantai Gading. Selain 17 WNI, kapal itu juga membawa dua ABK asal Korea Selatan (Korsel).

Baca juga : Jepang Juara Grup, Orang Terkaya Dunia Elon Musk Ucapkan Selamat

Dalam keterangan tertulis kemarin, KBRI Dakar menye­but, pihaknya telah menerima laporan dari Atase Pertahanan (Athan) KBRI Abuja, Nigeria yang wilayah kerjanya juga meliputi Senegal, kapal tanker B-Ocean yang berbendera Kepu­lauan Marshall hilang kontak di selatan perairan Pantai Gading.

Selanjutnya, Athan KBRI Abu­ja, bersama Kementerian Luar Negeri (Kemlu), KBRI Seoul, Korsel, Konsulat Kehormatan (Konhor) di Abidjan, Pantai Ga­ding, dan perusahaan agen ABK di Indonesia, berkoordinasi. Dari koordinasi itu, diketahuibahwa kapal B-Ocean yang dimiliki oleh Doorae Shipping Korsel, hilang kontak sejak 24 November 2022 l, akibat pembajakan.

Perwakilan KBRI Dakar bersama Konhor RI di Abidjan dan Chief Officer Kapal asal Indonesia
Perwakilan KBRI Dakar bersama Konhor RI di Abidjan dan Chief Officer Kapal asal Indonesia. Foto: KBRI Dakar

Baca juga : Kementan Ganjar Penghargaan Petugas Pelaksana Transfer Embrio Ternak

Menurut KBRI Dakar, para pembajak mengambil seluruh stok minyak kapal B-Ocean. Se­lain itu, para pembajak juga merusak hampir seluruh peralatan komunikasi. Akibatnya, awak kapal sulit terhubung dengan otoritas di darat.

Selanjutnya, pihak terkait berkoordinasi dengan Organisasi Maritim Internasional (IMO). “Dengan adanya Angkatan Laut (AL) Italia yang berada pada titik terakhir komunikasi dengankapal B-Ocean dengan otoritasdarat, pada 26 November 2022, AL Italia berhasil menemukan kapal tersebut,” bunyi pernyataan KBRI Dakar.

Baca juga : Wamendag Pede Ban Lokal Mampu Bersaing di Pasar Amerika Selatan

Pada Minggu (27/11), KBRI Dakar menerima informasi bahwa pihak pelabuhan di Abidjan telah mengirim tugboat (kapal tunda). Kapal itu kemudian menarik kapal B-Ocean ke pelabuhan Abidjan, Pantai Gading. Kapal itu sampai di Pelabuhan Abidjan, Pantai Gading pada Jumat (2/12).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.