Dark/Light Mode

Semua Barang Berharga Digasak

Kapal Tanker Dibajak, 17 ABK WNI Selamat

Senin, 5 Desember 2022 07:45 WIB
Kapal tanker B-Ocean. (Foto: MARINETRAFFIC).
Kapal tanker B-Ocean. (Foto: MARINETRAFFIC).

 Sebelumnya 
Meski demikian, kantor per­wakilan Indonesia di negara tersebut tidak dapat langsung menemui para ABK, karena sejumlah alasan. “Tapi, setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Kedubes Korsel di Abidjan, perwakilan RI mendapat akses dan menemui para ABK, sehari setelahnya.”

Dalam pertemuan antara KBRI Dakar dengan kapten kapal yang berasal Korsel, Chief Officer dari Indonesia, serta beberapa ABK Indonesia, diperoleh informasi bahwa seluruh barang berharga pribadi seperti HP, laptop dan jam tangan dirampas para pem­bajak. Secara fisik, para ABK dalam keadaan sehat.

ABK
ABK Indonesia selamat dari pembajakan kapal di perairan Pantai Gading. Foto: KBRI Dakar

Baca juga : Jepang Juara Grup, Orang Terkaya Dunia Elon Musk Ucapkan Selamat

“Namun, KBRI Dakar mem­berikan pendampingan psikis, dan memfasilitasi komunikasi telepon antara para ABK dengankeluarganya di Indonesia, serta memberikan bantuan logistik kepada 17 ABK Indonesia.”

Saat ini, pihak berwenang se­tempat masih melakukan inves­tigasi terhadap aksi pembajakan terhadap kapal B-Ocean. Selama masa investigasi berlangsung, akan dilakukan wawancara dengan selu­ruh ABK. Otoritas setempat tidak memberikan keterangan mengenai jangka waktu investigasi.

Baca juga : Kementan Ganjar Penghargaan Petugas Pelaksana Transfer Embrio Ternak

Berdasarkan informasi yang diperoleh, para pembajak ber­jumlah tujuh orang, dan terlatih secara militer. Sebelumnya, kapal B-Ocean juga pernah dibajak di perairan Guinea pada Januari 2022.

“KBRI Dakar bersama Kon­sulat Kehormatan RI di Abidjan akan terus mengikuti perkem­bangan 17 ABK Indonesia ini sampai kepulangan mereka ke Tanah Air,” demikian keterangan KBRI Dakar. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.