Dark/Light Mode

Dubes Sujatmiko Titipkan Pekerja Migran Indonesia Pada Pimpinan Daerah Belait Brunei

Selasa, 6 Desember 2022 13:14 WIB
Dubes Sujatmiko (keenam kiri) saat mengadakan pertemuan dengan Pejabat Pelaksana Kepala Distrik Belait, Mohamad Yassin beserta jajaran Pemerintah Daerah Belait, Brunei, Selasa (6/12). (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan).
Dubes Sujatmiko (keenam kiri) saat mengadakan pertemuan dengan Pejabat Pelaksana Kepala Distrik Belait, Mohamad Yassin beserta jajaran Pemerintah Daerah Belait, Brunei, Selasa (6/12). (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan).

 Sebelumnya 
Di akhir pertemuan, Koordinator Fungsi Protokol Konsuler KBRI BSB Arif Suyoko memberikan diseminasi informasi kepada Kepala Distrik Belait beserta para perwakilan Penghulu Mukim dan Ketua Kampung mengenai pelindungan terhadap Warga Negara Indonesia, terutama para Pekerja Migran Indonesia di wilayah Belait.

KBRI BSB meminta dukungan untuk kiranya dapat turut bekerja sama dengan KBRI BSB memberikan pelindungan kepada warga Indonesia, bila mereka mengalami permasalahan.

Baca juga : Nobar Di Rumah Duta Besar Qatar

Sebagai informasi, Penghulu Mukim (Sub-Distrik) dan Ketua Kampung adalah para pemimpin Mukim dan Kampung yang dipilih langsung oleh masyarakat. Mereka merupakan aparat Pemerintah Brunei di tingkat paling bawah yang langsung berhubungan dengan rakyat.

Penghulu Mukim membawahi beberapa Ketua Kampung dan bertanggung kepada Kepala Distrik. Tugas mereka adalah selain sebagai Pejabat Pemerintah paling bawah menerima aspirasi-aspirasi masyarakat untuk disampaikan ke Pusat, juga menyampaikan kebijakan dan aturan Pemerintah Pusat kepada warganya.

Baca juga : Ketahanan Ekonomi Indonesia Jadi Daya Tarik Bagi Investor

Dari delapan Penghulu Mukim di Brunei, mereka memilih dua sampai dengan empat orang untuk diusulkan menjadi anggota Dewan Legislatif Brunei Darussalam. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.