Dark/Light Mode

Dubes Pribadi Sutiono Bidik Slowakia Jadi Hub Produk RI Di Eropa

Kamis, 15 Desember 2022 06:27 WIB
Dubes RI untuk Slowakia Pribadi Sutiono. (Foto Twitter Pribadi Sutiono)
Dubes RI untuk Slowakia Pribadi Sutiono. (Foto Twitter Pribadi Sutiono)

RM.id  Rakyat Merdeka - Slowakia dipandang memiliki lokasi yang strategis di benua Eropa. Makanya, Indonesia perlu menjadikan negara tersebut sebagai hub (pusat) di Eropa.

Slowakia berada di tengah antara Eropa Barat dan Eropa Timur. Negara itu berbatasan dengan Polandia di utara, Ukraina di timur, Hongaria di selatan, Austria di barat daya dan Ceko di timur laut.

Baca juga : Bamsoet Dukung Bandara Hang Nadim Batam Jadi Hub Kargo Internasional

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Slowakia Pribadi Sutiono mengatakan, selain posisinya di tengah Eropa, negara kecil berpenduduk sekitar 4,5 juta jiwa ini memiliki akses mudah ke pelabuhan. Dengan memanfaatkan Slowakia, Indonesia dapat mengembangkan perdagangan berbagai produknya ke Benua Eropa.

“Selain itu, biaya di Slowakia tidak semahal di Belanda, Jerman dan Inggris,” kata Pribadi, dalam kuliah tamu di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhamadiyah Jakarta, yang digelar secara daring, Senin (12/12).

Baca juga : Dewi, Srikandi Ekspor Bulu Mata Palsu Yang Jadi Incaran Pasar Eropa & Amerika

Pribadi berharap, peluang itu menjadi perhatian Presiden Jokowi. Mantan Wakil Dubes RI untuk Brunei Darussalam itu mengungkapkan, perdagangan Indonesia-Slowakia surplus untuk Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.