Dark/Light Mode

Dubes Pribadi Sutiono Bidik Slowakia Jadi Hub Produk RI Di Eropa

Kamis, 15 Desember 2022 06:27 WIB
Dubes RI untuk Slowakia Pribadi Sutiono. (Foto Twitter Pribadi Sutiono)
Dubes RI untuk Slowakia Pribadi Sutiono. (Foto Twitter Pribadi Sutiono)

 Sebelumnya 
Total impor Slowakia dari Indonesia sekitar 22,3 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 347 miliar. Sedangkan impor dari Indonesia sekitar 34,2 juta dolar AS (sekitar Rp 533 miliar).

“Produk yang potensial di pasar Slowakia yakni kopi, rempah, makanan kaleng, produk karet, timah, aksesoris kendaran, minyak sawit dan turunanya serta aksesoris telepon,” ucapnya.

Baca juga : Bamsoet Dukung Bandara Hang Nadim Batam Jadi Hub Kargo Internasional

Namun, mengingat penduduknya kecil maka tidak banyak volume perdagangan kedua negara. Oleh karena itulah, potensi ke depan menjadikan Slowakia sebagai pijakan berbagai produk Indonesia ke Eropa.

Mengenai hubungan bilateral Indonesia dan Slowakia, Dubes Pribadi menjelaskan, kedua negara saling mendukung dalam berbagai forum internasional dan adanya kerja sama di berbagai bidang. Slowakia juga masih memiliki potensi seperti pasar yang terbuka untuk berbagai produk Indonesia yang mampu bersaing dengan produk Thailand, Vietnam dan Filipina.

Baca juga : Dewi, Srikandi Ekspor Bulu Mata Palsu Yang Jadi Incaran Pasar Eropa & Amerika

Satu hal yang masih terbuka peluang di Slowakia, jelas Dubes Pribadi, negara ini kekurangan tenaga kerja terampil seperti terapis dan juru masak.

Acara kuliah tamu ini dihadiri Ketua Program Studi Ilmu Politik Dr Usni, dosen Prodi Ilmu Politik Ali Noer Zaman MA dan Dr. Lusi Andriyani M.Si serta Tria Patriani dari Prodi Ilmu Komunikasi. Kuliah tamu ini dipimpin moderator Ketua Program Studi Magister Ilmu Politik, Dr Asep Setiawan MA. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.