Dark/Light Mode

Hasil Dialog Empat Mata Masuk Rekomendasi 13th Malaysia-Indonesia Annual Consultation

Mahathir Pastikan Undang Jokowi Dalam KL Summit, Desember Mendatang

Sabtu, 10 Agustus 2019 14:03 WIB
PM Malaysia Mahathir Mohammad (kiri) menyambut Presiden Jokowi dalam kunjungan resmi di Putra Jaya, Malaysia, Jumat (9/8). (Foto: AFP/Departemen Informasi Malaysia/Shaiful Nizal)
PM Malaysia Mahathir Mohammad (kiri) menyambut Presiden Jokowi dalam kunjungan resmi di Putra Jaya, Malaysia, Jumat (9/8). (Foto: AFP/Departemen Informasi Malaysia/Shaiful Nizal)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertemuan empat mata antara Jokowi dan Mahathir di Kantor Perdana Menteri di daerah Putrajaya, Jumat (9/8), membahas sejumlah isu bilateral dan berbagai topik menarik lainnya. Antara lain soal proyek mobil ASEAN, kerja sama industri sawit, pusat belajar masyarakat atau community learning center/CLC, serta penetapan batas teritorial darat, laut, dan udara.

Isu soal Tenaga Kerja Indonesia (TKI) juga masuk daftar pembicaraan. Begitu pula soal rencana Timor Leste bergabung dengan ASEAN.

Baca juga : Inggris Mati Listrik, Layanan Kereta Lumpuh, Penumpang Ngemper di Stasiun

Deretan isu itu direkomendasikan masuk ke dalam topik 13th Malaysia-Indonesia Annual Consultation, yang tahun ini akan bertempat di Indonesia.

Mahathir juga dipastikan akan kembali mengundang Jokowi dalam KL Summit di Kuala Lumpur pada 19-21 Desember mendatang.

Baca juga : Disopirin Mahathir, Jokowi Sempet Jantungan

Dialog empat mata ini digelar setelah Jokowi dan Ibu Iriana disambut secara resmi dalam upacara kenegaraan di Perdana Square, Putrajaya, Jumat (9/8).

Usai dialog, Jokowi naik mobil Proton Persona bernomor polisi B 2367 A disetiri Mahathir, menuju Seri Perdana untuk makan siang bersama. Dalam video yang ditayangkan di kanal YouTube milik Mahathir, Chedet Official, kedua sahabat tampak begitu akrab. Sangat menikmati kebersamaan.

Baca juga : AS-China Sekarang Ributin Hong Kong

Usai makan siang, Jokowi dan Mahathir lanjut shalat Jumat bareng di Masjid Putra.

Jokowi kemudian meninggalkan Malaysia pada Jumat (9/8) sore, dan langsung bertolak ke Negeri Singa untuk menghadiri perayaan Hari Kemerdekaan Singapura. Mahathir pun turut hadir dalam acara tersebut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.