Dark/Light Mode

Disopirin Mahathir, Jokowi Sempet Jantungan

Sabtu, 10 Agustus 2019 07:35 WIB
Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad jadi sopirnya. Presiden Jokowi jadi penumpangnya. Mereka naik mobil Proton dari Perdana Putra Building menuju Seri Perdana untuk santap siang di Putrajaya, Malaysia, kemarin. (Foto: Istimewa).
Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad jadi sopirnya. Presiden Jokowi jadi penumpangnya. Mereka naik mobil Proton dari Perdana Putra Building menuju Seri Perdana untuk santap siang di Putrajaya, Malaysia, kemarin. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mendapat sambutan hangat dari Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad saat berkunjung ke Malaysia, kemarin. Jokowi diajak naik mobil yang disopiri langsung Mahathir.

Ini kedua kalinya Jokowi disopiri Mahathir. Waktu pertama kali disopiri 4 tahun lalu, Jokowi ngaku sempat jantungan karena dibawa ngebut oleh pria yang saat ini sudah berumur 93 tahun itu.

Jokowi tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Kamis malam. Pertemuan dengan Mahathir digelar di Putrajaya, kemarin siang. Jokowi tiba di Dataran Perdana, Putrajaya, sekitar pukul 10.20 pagi.

Di sini, Jokowi disambut dengan upacara kenegaraan. Usai prosesi penyambutan, eks Wali Kota Solo ini lalu menggelar pertemuan dengan Ma- hathir di Perdana Putra Building.

Ada sejumlah isu yang dibahas oleh dua pemimpin megara bertentagga ini. Seperti perlindungan WNI hingga soal produk kelapa sawit kedua negara.

Baca juga : Mahathir dan Jokowi Salat Jumat di Masjid Putra Jaya

Usai mengadakan pertemuan bilateral Jokowi lalu diajak makan siang di Dining Hall. Yang menarik, dalam perjalanan dari ruang pertemuan ke tempat makan siang, Jokowi diajak naik mobil. Mahathir sendiri yang menyopiri.

Begitu keluar dari lift, Jokowi diajak menuju mobil Proton Persona berwarna merah yang telah diparkir tepat di depan lift. Mahathir kemudian mempersilakan Jokowi untuk naik dan duduk di sebelah kursi kemudi.

PM Mahathir sendiri langsung duduk di kursi kemudi. Diiringi mobil dan motor pengawal, mobil yang ditumpangi kedua pemimpin pun melaju perlahan, diikuti rangkaian mobil lain di belakangnya.

Rangkaian kendaraan terus melaju hingga tiba di Seri Perdana, Putrajaya. Jokowi lalu menceritakan pengalamannya itu di akun Instagram miliknya, @jokowi.

“Saya duduk depan, di samping pengemudi. Dan yang mengemudikan, Anda tahu siapa? PM Mahathir sendiri. Luar biasa. Melajulah kami dalam rangkaian kendaraan pengawal dan mobil-mobil lain menuju lokasi jamuan santap siang hari ini,” tulis Jokowi.

Baca juga : Mahathir Setirin Jokowi Menuju Lokasi Makan Siang

“Ini kali kedua saya mendapat kehormatan duduk di mobil yang dikemudikan Dr. M. Lebih 4 tahun lalu, saat berkunjung ke Malaysia, beliau juga mengajak saya untuk test drive mobil Proton yang disetir sendiri.

Kecepatannya sungguh mendebarkan: sampai 180 kilometer per jam. Tapi perjalanan hari ini lebih kalem. Pelan-pelan melaju dalam rangkaian kendaraan hehe.Terima kasih Dr. M,” tulisnya.

Pengalaman Jokowi disopiri Mahathir pernah diceritakannya saat menyambut Mahathir di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat, 29 Juni 2018.

“Saya ingat betul tahun 2015 saat saya berkunjung ke Kuala Lumpur, Malaysia, saya diajak Bapak Tun Mahathir untuk test drive mobil Proton. Disetir sendiri Bapak Mahathir dengan kecepatan 180 kilometer per jam.

Sangat cepat,” ujarnya disambut tawa para pejabat negara Indonesia dan Malaysia termasuk oleh Mahathir yang berdiri di samping Jokowi, saat itu.

Baca juga : Termasuk Malaysia dan Turki, Jokowi Terima Surat Kepercayaan 12 Dubes Asing Baru

Presiden mengaku, saat itu dirinya tidak merasakan takut saat tahu bahwa yang mengendarai mobil itu adalah Mahathir meski sudah berusia lanjut. Setengah bercanda, ia menyebut bahwa dirinya baru merasakan takut apabila saat itu bukan Bapak Tun Mahathir yang mengemudikannya.

“Saya tidak khawatir karena drivernya adalah Bapak Tun Mahathir. Kalau semisal driver-nya bukan beliau saya kira saya takut,” tuturnya yang kembali disambut tawa Mahathir.

Dalam kesempatan yang sama, Mahathir juga mengungkit kembali kebersamaannya dengan Jokowi saat itu. Ia justru bercerita saat itu sedikit merasa khawatir saat harus memandu Jokowi.

“Saya merasa takut memandu Pre- siden karena saat itu saya bukan Perdana Menteri Malaysia, saya lalukan saja test drive. Sebagaimana kita tahu, test track itu tidak semuanya rata, tapi ada miring,” ucap PM Mahathir yang kali ini disambut tawa Presiden Jokowi. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.