Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Mesir Lutfi Rauf

Temui Importir Kopi Indonesia Di Mesir

Jumat, 6 Januari 2023 06:07 WIB
Dubes Lutfi Rauf (kanan) bersama CEO Haggag Co Hasan Sayed Haggag, di Cairo, Mesir, Selasa (3/1). (Foto KBRI Cairo)
Dubes Lutfi Rauf (kanan) bersama CEO Haggag Co Hasan Sayed Haggag, di Cairo, Mesir, Selasa (3/1). (Foto KBRI Cairo)

 Sebelumnya 
Termasuk pendampingan yang diberikan atas masalah yang dihadapi dalam proses importasi. Atase Perdagangan KBRI Cairo Irman Adi Purwanto Moefthi menjelaskan, peluang ekspor kopi Indonesia ke Mesir terbuka lebar. 

Baca juga : Kolaborasi Dengan Bibit, Shopee Indonesia Rilis Fitur Investasi Reksa Dana & Investasi Pintar

Pasalnya Irman melihat  kecenderungan pembeli Mesir membuat olahan dan racikan cita rasa kopi, baik yang tradisional. Seperti Turkish coffee, maupun kopi kekinian seperti kopi hazelnut, kopi karamel, French coffee, dan kopi coklat, serta campuran rempah-rempah dengan kopi robusta.

Baca juga : Temukan Banyak Peluang Kerja Sama Dengan Turki

Berdasarkan data statistik Pemerintah Mesir (Capmas), ekspor kopi Indonesia pada periode Januari-Agustus 2022 ke Mesir mencapai 67,54 juta dolar AS (Rp 1,05 triliun). Ini meningkat 32,78 persen dibandingkan periode sama pada 2021 yang mencapai 50,87 juta dolar AS.

Baca juga : Pertama Se-Indonesia, Ganjar Resmikan Pusat Data Smart Province

Kopi Indonesia mendominasi 46,88 persen pasar Mesir. Untuk itu, KBRI Cairo berharap para eksportir kopi yang membidik pasar Mesir tetap memperhatikan aspek jaminan mutu, sehingga produk ekspor yang dikirim ke Mesir benar-benar sesuai dengan permintaan pembeli. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.