Dark/Light Mode

Berbarengan Hari Raya Idul Adha, Gereja Katedral Ubah Jadwal Misa Mingguan

Sabtu, 10 Agustus 2019 15:19 WIB
Gereja Kathedral Jakarta. (Foto: Istimewa).
Gereja Kathedral Jakarta. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Besok umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha. Gereja Katedral Jakarta yang letaknya berseberangan dengan Masjid Istiqlal mengubah jadwal misa mingguan lantaran berbarengan dengan pelaksanaan salat Idul Adha, Minggu (11/8).

Kepala Humas Gereja Katedral Susyana Suwadie mengatakan biasanya pada Minggu (11/8) ada 3 kali misa yang digelar yakni pukul 06.00 WIB, 08.00 WIB, dan 10.30 WIB. Dikatakan Susyana, pada Minggu (11/8) esok, jadwal bisa itu pun disesuaikan. "Menjadi hanya pukul 10.00 dan 12.00," kata Susyana, Sabtu (10/8).

Namun, untuk jadwal misa sore tidak ada perubahan dan tetap digelar pada pukul 17.00 WIB dan pukul 19.00 WIB.

Baca juga : Rayakan Idul Adha, Prabowo Kurban di Hambalang

Susyana menyampaikan perubahan jadwal misa itu selalu dilakukan oleh pihak Gereja Katedral jika berbarengan dengan hari besar umat muslim.

Ia mencontohkan pada tahun 2017 lalu, Katedral juga menyesuaikan jadwal misa lantaran berbarengan dengan Hari Raya Idul Fitri.

"Kami melakukan reschedule jam misa guna memberikan kesempatan bagi saudara-saudara yabg melaksanakan salat supaya lebih leluasa dan lebih mendukug suasana yang lebih khusuk," tuturnya.

Baca juga : Kasus Suap Perkara Penipuan, Asisten Pidum Kejati DKI Jakarta Jadi Tersangka

Selain itu, menurut Susyana, penyesuaian jadwal misa itu juga dilakukan untuk mengurangi kemacetan dan keramaian jika misa diadakan hampir bersamaan dengan waktu salat.

Lebih lanjut, dikatakan Susyana, pihaknya juga membuka halaman Gereja Katedral untuk bisa digunakan sebagai area parkir bagi masyarakat yang akan melaksanakan salat di Masjid Istiqlal.

"Betul kami menyediakan lapangan parkir depan gereja untuk digunakan saat salat, bisa sebagai tempat salat tambahan atau untuk parkir bagi yang salat," katanya.

Baca juga : Lebaran Hari Kedua, Pengunjung Kota Tua Membludak

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijah 1440 Hijriah jatuh pada 2 Agustus 2019. Dengan ditetapkannya besok sebagai awal bulan Zulhijah maka, maka dipastikan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 11 Agustus 2019 yang bertepatan dengan 10 Zulhijah 1440 hijriah. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.