Dark/Light Mode

Dubes RI Di Thailand Mantapkan Kerja Sama Sisterprovince

Jumat, 20 Januari 2023 06:14 WIB
Dubes Rachmat Budiman (kiri) bersama Gubernur Chiang Mai Nirat Pongsitthaworn, Selasa (17/1). (Foto KBRI Bangkok)
Dubes Rachmat Budiman (kiri) bersama Gubernur Chiang Mai Nirat Pongsitthaworn, Selasa (17/1). (Foto KBRI Bangkok)

 Sebelumnya 
Gubernur Nirat Pongsitthaworn, dalam tanggapannya, menyampaikan kesiapan untuk memperkuat kerja sama Sister Province. Ia juga berharap dapat berkunjung ke Yogyakarta.

Nirat juga menggarisbawahi pentingnya kerja sama pariwisata antara Indonesia-Thailand, khususnya dengan Chiang Mai. Dalam hal ini diharapkan adanya penerbangan langsung dari Indonesia ke Chiang Mai untuk meningkatkan arus kunjungan kedua pihak.

Baca juga : Dubes Rachmat Bahas Kerja Sama Industri, Pendidikan Hingga Sister City

Menutup pertemuan, Gubernur Nirat memastikan akan memberikan perhatian khusus kepada pelajar dan masyarakat Indonesia di Chiang Mai. Mahasiswa Indonesia di Chiang Mai merupakan bagian dari 204 WNI yang tinggal di provinsi itu.

Saat bertemu Rektor Universitas Chiang Mai, Pongruk Sribanditmongkol, Dubes Rachmat membahas kerja sama pendidikan melalui MoU antara universitas di Indonesia dengan Universitas Chiang Mai dan Maejo.

Baca juga : Dubes Saudi Essam bin Abed Pamitan Ke Menag

Jumlah mahasiswa Indonesia di Chiang Mai semakin bertambah, seiring dengan meningkatnya pemberian program beasiswa kepada pelajar Indonesia.

Dalam pertemuan dengan Rektor Chiang Mai University (CMU) dan jajarannya, Dubes Rachmat menekankan pentingnya implementasi MoU yang telah diteken antara CMU dengan universitas di Indonesia.

Baca juga : Dubes RI Di Roma, Muhammad Prakosa Meninggal

Saat ini, tercatat empat MoU yang telah ditandatangani dengan Universitas Jenderal Soedirman, ITENAS, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Islam Ne￾geri (UIN) Sunan Kalijaga serta dua MoU antar Fakultas dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pelita Harapan (UPH). ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.