Dark/Light Mode

10 Warga Palestina Tewas

Kemlu Kecam Kebrutalan Israel, AS Turun Tangan

Sabtu, 28 Januari 2023 00:12 WIB
Warga Palestina melemparkan batu ke arah buldozer, saat pasukan Israel melancarkan serangan besar-besaran dan mengepung kamp pengungsi di Jenin, Tepi Barat, Palestina. (Foto AFP/Zain Jaafar)
Warga Palestina melemparkan batu ke arah buldozer, saat pasukan Israel melancarkan serangan besar-besaran dan mengepung kamp pengungsi di Jenin, Tepi Barat, Palestina. (Foto AFP/Zain Jaafar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat (AS) menyampaikan keprihatinannya terhadap tewasnya 10 warga Palestina akibat kebrutalan tentara Israel. Untuk menghentikan aksi kekerasan itu, Negeri Paman Sam berencana turun langsung menemui orang nomor satu kedua negara yang berkonflik tersebut.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Antony Blinken akan melakukan perjalanan ke Israel, Ramallah, (Tepi Barat-Palestina) dan Mesir, pekan depan. Kunjungan kerja ini dilakukan di tengah serangan terbesar pasukan Israel ke kawasan Palestina, pekan ini.

Baca juga : Diikuti 15 Negara, Bali Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Bola Tangan Pantai Asia

Diberitakan AFP, kemarin, hubungan Israel dan Palestina kembali memanas. Dalam kunjungannya, Blinken akan mendesak diakhirinya kekerasan oleh pasukan Israel.

Blinken diagendakan akan mengadakan pembicaraan tatap muka perdana dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, sejak pemimpin veteran itu kembali berkuasa. Bos para diplomat AS itu juga akan bertemu pemimpin Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah.

Baca juga : Wamenhan Bahas Kerja Sama Pertahanan Dengan Slowakia

“Blinken akan menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk mengurangi ketegangan guna mengakhiri siklus kekerasan yang telah merenggut terlalu banyak nyawa tak bersalah,” terang juru bicara Kementerian Luar Negeri Ned Price.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.