Dark/Light Mode

Amerika Serikat Beri Hibah Untuk Penyimpanan Data Kemenkes RI

Selasa, 31 Januari 2023 12:34 WIB
Amerika Serikat Beri Hibah Untuk Penyimpanan Data Kemenkes RI

 Sebelumnya 
Pada tahap awal, program akan fokus pada pengiriman citra radiologi dan kardiologi ke dalam penyimpanan cloud di lokasi terpusat untuk melihat semua informasi medis pasien bagi dokter rujukan di 10 rumah sakit di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Proses ini pada akhirnya akan memberikan dasar untuk agregasi data yang lebih besar dan kolaborasi klinis di seluruh Indonesia.

Baca juga : Polda Metro Jaya Bentuk Tim Pencari Fakta Kecelakaan Mahasiswa UI

Ketika diimplementasikan sepenuhnya, NIDR akan memungkinkan pengambilan gambar, data, dan informasi medis dari profil pasien yang dapat diakses melalui perangkat pintar. Hal tersebut memungkinkan diagnosis gambar digital secara langsung untuk klinik yang tidak memiliki akses ke spesialis radiologi dan kardiologi.

NIDR dapat diperluas dan berfungsi sebagai platform untuk berbagai jenis pasien lain seperti ortopedi, kebidanan, serta mendukung jaringan besar fasilitas perawatan primer dan rumah sakit di negara tersebut.

Baca juga : Percepat Sertipikasi Tanah Rakyat, Menteri Hadi Tjahjanto Luncurkan Kota Lengkap

Menurut Enoh T. Ebong, pendanaan ini sangat bermanfaat bagi Kemenkes yang memiliki rencana nasional ambisius untuk memanfaatkan teknologi informasi guna memberikan layanan kesehatan yang berkualitas kepada warga yang kurang terjangkau dan terlayani.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha menekankan, transformasi digital berada di garis depan agenda kebijakan Indonesia.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.