Dark/Light Mode

Bantuan Mengalir Dari Mana-mana

Duka Turki, Duka Dunia

Rabu, 8 Februari 2023 00:18 WIB
Seorang wanita duduk di atas reruntuhan bangunan akibat gempa di kota Nurdagi di pinggiran kota Osmaniye, Turki selatan, Selasa, 7 Februari 2023. (Foto AP/Khalil Hamra)
Seorang wanita duduk di atas reruntuhan bangunan akibat gempa di kota Nurdagi di pinggiran kota Osmaniye, Turki selatan, Selasa, 7 Februari 2023. (Foto AP/Khalil Hamra)

 Sebelumnya 
Para pemimpin dunia, seperti Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping kompak menyampaikan duka cita kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Sejumlah pemimpin lainnya, seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi dan Per￾dana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sudah menawarkan bantuan kepada Turki, termasuk pengiriman tim penyelamat.

Baca juga : RSUD Bandung Kiwari Terbakar, Semua Pasien Dievakuasi

“Doa saya bersama warga Turki dan Suriah, terutama untuk pasukan penyelamat yang bekerja dengan berani untuk menyelamatkan mereka yang terperangkap. Inggris siap membantu dengan cara apapun yang kami bisa,” ujar PM Inggris, Rishi Sunak.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan, gambar-gambar dari kedua negara mengerikan dan menyatakan Prancis siap mengirim bantuan darurat. Sementara Kanselir Jerman Olaf Scholz berkata, negaranya berduka dan akan mengirim bantuan.

Baca juga : Bangun Taman Inovasi, Sinar Mas Dukung IPB Jadi Green Kampus

Gelombang bantuan pun berdatangan dari negara sahabat. Sekretaris Jenderal NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) Jens Stoltenberg berkata telah berkoordinasi dengan Presiden Erdogan untuk memobilisasi bantuan.

Komando Darat Sekutu NATO (LANDCOM) juga menyampaikan simpati kepada para korban gempa bumi.

Baca juga : Mentan Dorong Perkebunan Indonesia Manfaatkan Turbulensi Jadi Peluang

“Turki bukan hanya sekutu NATO, tapi juga rumah bagi LANDCOM. Kami berdiri bersama mereka, dan ucapan belasungkawa kami sampaikan kepada teman-teman kami dan rakyat Turki,” cuit Darryl Williams, Komandan LANDCOM, yang berkantor pusat di Provinsi barat Izmir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.