Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bangkitkan Ekonomi Sumbar, PUPR Resmikan Dua Jembatan

Sabtu, 7 Januari 2023 15:30 WIB
Pembangunan Jembatan Sungai Dareh dan Jembatan Pulai di Sumatera Barat.
Pembangunan Jembatan Sungai Dareh dan Jembatan Pulai di Sumatera Barat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan dua Jembatan Sungai Dareh dan Jembatan Pulai di Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, pada  Jumat (6/1).

Peresmian ini untuk meningkatkan konektivitas dan perekonomian masyarakat dan sebagai rangkaian peringatan HUT ke-19 tahun Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Jembatan Sungai Dareh akan meningkatkan konektivitas jaringan jalan antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Sedangkan, Jembatan Pulai akan meningkatkan konektivitas jaringan jalan antara Kabupaten Dharmasraya menuju Kecamatan Timpeh dan Padang Leweh.

Baca juga : Tahun Ini, Pertumbuhan Ekonomi Kudu Dijaga Dengan Mendorong Investasi

“Jembatan Sungai Dareh dan Jembatan Pulai ini dibangun dengan susah payah karena ada beberapa permasalahan di lapangan, akan tetapi setelah melakukan berbagai upaya untuk dapat menyelesaikannya, Alhamdulillah sekarang sudah selesai dan berfungsi dengan baik,” kata Basuki.

Menteri Basuki juga berpesan untuk selalu memperhatikan pemeliharaan jembatan. 

“Jembatan juga harus kita pelihara lebih baik. Kalau jembatannya berada di jalan nasional, jadi nanti pemeliharaannya dari BPJN Sumatera Barat. Nanti ditambah beautifikasinya dan di bawah jembatan nanti diberi dermaga untuk olahraga dayung supaya lebih baik,” ujar Basuki.

Baca juga : Bantuan Baznas Jadi Polemik, Ganjar Perintahkan Ditarik Dan Digunakan Membantu Warga Lain

Kepala BPJN Sumatera Barat Syah Putra A Gani mengatakan, pembangunan Jembatan Sungai Dareh dilaksanakan sejak 2015-2018 dengan alokasi anggaran sebesar Rp 93 miliar. 

“Jembatan Sungai Dareh panjangnya 185 meter, lebar 11 meter, dengan tipe cable stayed dibangun pada tahun 2015-2018 dengan skema Multiyears Contract (MYC). Saat ini sudah beroperasi dan sudah dimanfaatkan masyarakat,” jelas Putra.

Putra menambahkan, sementara Jembatan Pulai dibangun pada tahun 2018-2020 dengan alokasi anggaran sebesar Rp 35,7 miliar. Jembatan bertipe rangka baja ini memiliki panjang 200 meter, dan lebar 8 meter.

Baca juga : Menkeu: Ekonomi Triwulan IV Akan Berdaya Tahan Tinggi

“Jembatan Pulai pada mulanya jembatan transmigrasi yang dibangun pada tahun 1978, awalnya hanya bisa mengangkut beban maksimal 5 ton, namun setelah dibangun sekarang bisa mengangkut beban 30-40 ton sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat,” tambah Putra. 

Sementara Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan berterimakasih kepada Kementerian PUPR atas pembangunan infrastruktur jembatan di Kabupaten Dharmasraya yang membantu konektivitas dan aktivitas perekonomian masyarakat.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.