Dark/Light Mode

Kisah Heroik Dubes RI Untuk Turki

Dihadang Salju, Angkut Bantuan Korban Gempa

Kamis, 9 Februari 2023 22:14 WIB
Jalanan tertutup salju saat tim KBRI Ankara mengirimkan bantuan ke kawasan terdampak gempa Turki. (Foto Kemlu RI)
Jalanan tertutup salju saat tim KBRI Ankara mengirimkan bantuan ke kawasan terdampak gempa Turki. (Foto Kemlu RI)

 Sebelumnya 
Dalam kondisi normal, dari Ankara ke Gaziantep bisa ditempuh dalam waktu enam jam perjalanan darat. Namun, karena cuaca ekstrem, perjalanan bisa memakan waktu hingga sembilan jam.

Ada 11 kendaraan dalam rom­bo­ngan itu. Termasuk be­be­rapa truk yang berisi bantuan pangan dan perlengkapan sehari-hari.

Baca juga : Pemprov DKI Gandeng ESDM Audit Energi Bangunan Gedung

Sementara, bantuan sebanyak satu kontainer bahan maka­nan­ dari Kota Istanbul tiba di Gaziantep setelah melalui per­ja­la­nan darat selama 34 jam (dalam kondisi biasa ditempuh 11 jam). Bantuan tahap pertama Pemerintah Indonesia itu diserah­kan langsung oleh Dubes Iqbal kep­ada perwakilan Bulan Sabit Merah Turki, Rabu (8/2) pukul 13.00 waktu setempat.

“Sebagai negara sahabat dekat, Pemerintah Indonesia segera me­ngirimkan bantuan yang di­bu­tuhkan di daerah gempa di Turki. Ini bantuan kemanusiaan da­lam bentuk logistik pertama dari negara ASEAN yang tiba di lokasi bencana,” kata Dubes Iqbal.

Baca juga : Ganjar Siap Kirimkan Bantuan Untuk Korban Gempa Papua

Menurut Dubes Iqbal, Turki salah satu negara yang paling da­hulu hadir saat tsunami Aceh 2004 dan bencana Palu 2018.

“Demikian pula saat pandemi Covid-19 varian Delta ta­hun 2021. Turki juga memban­tu obat-obatan dan ventilator, meski­ tidak diminta oleh Indone­sia,” jelas Dubes Iqbal dalam ke­te­rangan, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.