Dark/Light Mode

Keketuaan ASEAN 2023: Indonesia Agendakan 747 Kegiatan

Minggu, 12 Februari 2023 11:05 WIB
Acara webinar Keketuaan ASEAN Indonesia 2023. (Foto Istimewa)
Acara webinar Keketuaan ASEAN Indonesia 2023. (Foto Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjalankan Keketuaan ASEAN 2023, Indonesia telah mengidentifikasikan 747 kegiatan. Hasilnya nanti diharapkan membawa manfaat bagi Indonesia di sektor ekonomi maupun energi.

Demikian pembahasan dalam webinar kelompok studi di Jakarta, bernama Interpelago, Sabtu (11/2). Komunitas itu beranggotakan para mahasiswa jurusann Hubungan Internasional.

Baca juga : HNW Apresiasi Peran NU Untuk Indonesia Dan Dunia

Koordinator Interpelago, Ali Naufal menyatakan, pengetahuan tentang ASEAN sangat berguna bagi mahasiswa, peneliti dan akademisi. Apalagi saat ini, Indonesia adalah ketuanya.

Pada kesempatan itu, Interpelago mengundang narsum terkait tentang kepemimpinan Indonesia di ASEAN. Yakni Bagas Hapsoro (Deputi Sekjen ASEAN 2009-2012).

Baca juga : Kementerian Kominfo Sebut Literasi Digital Indonesia Meningkat

Bagas yang juga mantan Duta Besar Indonesia untuk Swedia itu menjelaskan, organisasi regional ini yang memiliki karakter komunitas sebagaimana ditulis dalam Piagam ASEAN tahun 2007.

"Sampai saat ini semakin banyak negara dan badan-badan yang menginginkan kerja sama dan kemitraan dengan ASEAN. Pertumbuhan ekonomi ASEAN juga paling tinggi dibandingkan organisasi regional manapun di dunia,” terang Bagas.  
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.