Dark/Light Mode

Keketuaan ASEAN 2023: Indonesia Agendakan 747 Kegiatan

Minggu, 12 Februari 2023 11:05 WIB
Acara webinar Keketuaan ASEAN Indonesia 2023. (Foto Istimewa)
Acara webinar Keketuaan ASEAN Indonesia 2023. (Foto Istimewa)

 Sebelumnya 
Dijelaskan lebih lanjut, selama Bagas bekerja di ASEAN Sekretariat, ia dapat melihat dan mendengar langsung pandangan negara lain terhadap peran aktif Indonesia.

"Komentar positif ini tidak saja berasal dari negara anggota ASEAN lainnya, tetapi juga mitra dialog ASEAN yang memiliki pengaruh besar dalam perdamaian dan keamanan internasional," sambung Bagas.

Baca juga : HNW Apresiasi Peran NU Untuk Indonesia Dan Dunia

Nara sumber selanjutnya, Carolina Tinangon (​Sekretaris Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN). Carolina mengawali presentasinya dengan tema ASEAN serta key deliverables.

Dijelaskan bahwa tema kepemimpinan Indonesia di ASEAN adalah “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Sedangkan key deliverables atau hal yang ingin dibapai adalah “Memperkuat Kapasitas dan Efektifitas ASEAN menjawab tantangan ke depan”.  

Baca juga : Kementerian Kominfo Sebut Literasi Digital Indonesia Meningkat

Lebih lanjut dijelaskan bahwa penguatan kapasitas dan efektifitas ASEAN dilakukan dalam 4 tugas pokok penting yaitu: (1). Mempersiapkan Visi Masyarakat ASEAN Tahun 2045, (2). Penguatan peran ASEAN premises di Jakarta, (3). Kerja Sama ASEAN menangani kejahatan lintas batas (TPPO) dan (4). Penguatan kelembagaan HAM Kawasan (ASEAN Human Rights Dialogue).

Untuk menjalankan keketuaan dengan agenda yang besar tersebut, Indonesia telah mengidentifikasikan 747 kegiatan untuk tahun ini. Terdiri dari 670 persidangan, 77 non-persidangan, 328 dilakukan di Indonesia dan 50 kegiatan di Sekretariat ASEAN.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.