Dark/Light Mode

Keketuaan ASEAN 2023: Indonesia Agendakan 747 Kegiatan

Minggu, 12 Februari 2023 11:05 WIB
Acara webinar Keketuaan ASEAN Indonesia 2023. (Foto Istimewa)
Acara webinar Keketuaan ASEAN Indonesia 2023. (Foto Istimewa)

 Sebelumnya 
Dalam diskusi yang dipimpin moderator Nayla Tsabita, terangkum bahwa kiprah ASEAN tidak bisa dilepaskan dengan peran aktif Indonesia.  

Kepemimpinan Indonesia tersebut adalah sesuai dengan prinsip politik bebas-aktif sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan UUD 1945.

Baca juga : HNW Apresiasi Peran NU Untuk Indonesia Dan Dunia

Terkait tema ASEAN tahun ini,  para mahasiswa sepaham, Indonesia akan mendapatkan manfaat besar dengan keketuaan ini. Bidang ekonomi harus mendapatkan porsi lebih baik. Antara lain adalah pariwisata yang membuka lapangan kerja. Hal lain adalah sektor energi yang karena sumber energi baru dan terbarukan menjadikan Indonesia menjadi incaran investor negara besar. 

"Diskusi juga sepakat mengenai perlunya kolaborasi terus-menerus antar pemangku kepentingan di Tanah Air (kementerian/lembaga, pemda, akademisi, dan swasta) agar hasilnya dapat optimal," kata Bagas.

Baca juga : Kementerian Kominfo Sebut Literasi Digital Indonesia Meningkat

"Untuk itu dibutuhkan kreativitas dari semua para stakeholders," pungkasnya.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.