Dark/Light Mode

Proyek Ambisius Baru Raja Arab

Kubus Raksasa, Muat 20 Gedung Tinggi Dunia

Selasa, 21 Februari 2023 08:00 WIB
(Foto: Istimewa)
(Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Mohammed Bin Salman (MBS), Arab Saudi gencar-gencarnya membuat proyek ambisius. Salah satu yang bikin geger dunia, yakni pembangunan kubus raksasa yang mampu memuat 20 gedung tinggi dunia. Pembangunan kubus raksasan ini viral di media sosial dan menuai banyak kritikan karena dianggap mirip Ka’bah.

Sejak kemarin, proyek ambisius Putra Mahkota Saudi ini sudah viral di media sosial. Rencana kontruksi bangunan super megah Saudi itu terlihat dalam video berdurasi 1 menit 13 detik yang banyak tersebar di medsos. Hingga berita ini ditulis, video yang diposting oleh akun @PIF_en ini sudah ditonton 2,5 juta kali.

Baca juga : Kemacetan Menggila

Video itu menggambarkan bangunan kubus setinggi 400 meter yang akan dibangun Pangeran MBS sebagai bagian dari pusat kota modern terbesar di dunia di ibu kota Riyadh. Pusat kota itu merupakan proyek teranyar Perusahaan pengembangan Murabba Baru (NMDC) yang didukung Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi. Proyek yang langsung dipimpin MBS itu terletak di antara jalan Raja Salman dan Raja Khalid di barat laut Riyadh dan ditarget selesai pada tahun 2030.

Pembangunan akan dimulai di area seluas 19 km persegi. Proyek ini akan menawarkan lebih dari 25 juta meter persegi luas lantai. Bangunan terdiri dari 104.000 unit hunian, 9.000 kamar hotel, lebih dari 980.000 meter persegi ruang ritel.

Baca juga : Perusahaan Raksasa China Siap Kembangkan Bisnisnya Di Indonesia

Ada pula 1,4 juta meter persegi ruang kantor, 620.000 meter persegi aset rekreasi, serta 1,8 juta meter persegi ruang fasilitas komunitas.

Salah satu yang menarik adalah pembangunan The Mukaab. Ini ada bangunan berbentuk kubus setinggi 400 meter, lebar 400 meter, dan panjang 400 meter. Mukaab ini akan mencakup sebuah menara di atas landasan spiral. Sebuah struktur yang menampilkan luas lantai 2 juta meter persegi juga akan menjadi tujuan perhotelan premium, termasuk atraksi ritel, budaya dan wisata.

Baca juga : Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Fasilitasi Penguatan UMKM Kampung Tangguh Jaya

Bahkan video tersebut sesumbar menyebutkan bahwa gedung Al Mukaab bisa jadi tempat pendaratan dan penerbangan ke planet Mars. Katanya, bentuk bangunan kubus itu dikatakan terinspirasi dari gaya arsitektur Najdi. Sebuah daerah yang menjadi nenek moyang bangsa Saudi kampung halaman dinasti Saud.

Mukaab nanti akan memuat 20 bangunan berukuran seperti Empire State New York dan memiliki gedung berbentuk spiral di tengahnya. Proyek raksasa yang dibiayai dari Dana Investasi Publik dan menjadi bagian dari Visi 2030 dari MBS diharapkan memberi pemasukan senilai 50 juta dolar AS, dan menciptakan 334 ribu apangan kerja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.