Dark/Light Mode

Proyek Ambisius Baru Raja Arab

Kubus Raksasa, Muat 20 Gedung Tinggi Dunia

Selasa, 21 Februari 2023 08:00 WIB
(Foto: Istimewa)
(Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Namun, bentuk bangunannya yang mirip Ka’bah ini menuai protes dari warga dunia, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Ada yang mengaitkan proyek tersebut dengan Tesseract yakni kubus yang dalam Marvel Cinematic Universe.

“Selamat kepada perusahaan konsultan yang tidak bermoral mana pun yang akan meraup banyak uang tahun depan karena melempar Saudi ke The Tesseract,” cuit jurnalis Gregg Carlstrom.

Baca juga : Kemacetan Menggila

Lalu, ada juga menyamakan Mukaab dengan Borg Cube yakni pesawat ruang angkasa atau markas di Star Trek. Serta, ada juga yang menyebut proyek ini sebagai Ka’bah baru. “Membangun Ka’bah baru yang secara eksklusif ditujukan untuk kapitalisme agak terlalu sulit,” kata reporter Intercept, Murtaza Hussain. “Tampaknya (putra mahkota) sedang membangun Ka’bahnya. Apakah dia akan menegakkannya sebagai kiblat baru bagi para jamaah?” cuit akademisi Asad Abu Khalil.

Tak hanya dunia, warganet di dalam negeri juga tidak kalah kerasnya menyampaikan kritik terhadap proyek-proyek ambisius Pangeran MBS. Khususnya soal pembangunan Al Mukaab yang dianggap sebagai “Ka’bah baru”. “Benarlah hadist Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Dunia Arab bermegah-megahan. Kiamat sudah dekat,” cuit @PONOROG23764997. “Salah satu tanda-tanda kiamat,” timpal @Khaliz_Azam. “Kiamat tidak akan datang sebelum mereka berlomba-lomba meninggikan bangunan,” sahut @NasirRuf

Baca juga : Perusahaan Raksasa China Siap Kembangkan Bisnisnya Di Indonesia

“Astaga. Memang benar kalau perubahan itu lebih bagus?” sesal @cahyoaro. “Kalau mau nyaingin rumah Allah, tunggu saja kehancurannya,” pesan @AprilGandi00. “Dia buat kubus itu untuk menyambut Dajjal kali,” ketus @Do2dDoNaL.

“Biarin. Suka-suka dia. Emang ada yang mau menyembah dia? Emang dia siapa?,” kritik @aziz_jordan. “Bukannya bikin pusat riset, malah buang-buang duit,” sesal @danysoerya.

Baca juga : Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Fasilitasi Penguatan UMKM Kampung Tangguh Jaya

Ada juga warganet yang menjadikan rencana itu sebagai guyonan bagi salah satu kelompok di Indonesia. “Ayo para K-Drone, ex FPI, HTI, berangkat ke Arab buat demo. Jangan berani di kandang doang,” kata @ableh133, berkelakar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.