Dark/Light Mode

Dubes RI Hery Saripudin Kenalkan Pencak Silat Di Bumi Afrika

Kamis, 23 Februari 2023 06:35 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin. (Foto Istimewa)
Duta Besar Indonesia untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin. (Foto Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Nairobi, Kenya, tengah menggencarkan promosi kebudayaan khas Indonesia ke Tanah Afrika. Salah satunya adalah pencak silat.

Pekan lalu, Duta Besar Indonesia untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin mengadakan pentas pencak silat di hadapan siswa siswi International School of Kenya (ISK), Jumat (18/2). Dalam perayaan Hari Internasional ISK Nairobi, sekitar 500 orang menyaksikan pertunjukan pencak silat tersebut.

Baca juga : Mardiono Didoakan PPP Berjaya Di Pemilu 2024

Dalam keterangannya, Dubes Hery mengatakan, sebanyak delapan penampil demo pencak silat dipertontonkan dalam acara itu. Semuanya dilakukan pemuda-pemudi Kenya binaan KBRI Nairobi.

Mereka berhasil memukau penonton dengan gerakan-gerakan seni beladiri yang indah, dipadu dengan teknik-teknik beladiri yang menambah kokoh pertahanan tubuh.

Baca juga : Keren, Inggris Kenalkan Rumah Sakit Virtual Di Sulsel

Teknik yang dimaksud adalah teknik kuda-kuda, teknik sikap pasang, teknik tangkisan. Serta, teknik tendangan menggunakan kekuatan kaki yang ditendang ke arah depan, belakang dan samping.

Ada juga teknik guntingan yang menggunakan gerakan kedua kaki untuk menjepit kuda-kuda yang dibentuk lawan. Kemudian, teknik pukulan menggunakan gerakan tangan dan kaki yang saling berpadu sempurna.

Baca juga : Sandiaga Makin Berkibar

Kekuatan berfokus pada telapak tangan yang dikepalkan, dan bertujuan untuk menyerang atau merobohkan pertahanan lawan. Dua teknik terakhir adalah teknik arah serta teknik pola langkah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.