Dark/Light Mode

Dubes RI Hery Saripudin Kenalkan Pencak Silat Di Bumi Afrika

Kamis, 23 Februari 2023 06:35 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin. (Foto Istimewa)
Duta Besar Indonesia untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin. (Foto Istimewa)

 Sebelumnya 
KBRI Nairobi telah memperkenalkan pencak silat ke sejumlah sekolah, kampus, dan kelompok-kelompok komunitas dan lembaga lainnya di Nairobi, Kiambu County, dan Mombasa County sejak Juni 2021. Aksi tersebut telah melibatkan setidaknya 600 peserta dan 20 pelatih.

KBRI Nairobi mempunyai padepokan Pencak Silat. Di sini, masyarakat umum Kenya dapat bergabung mengikuti pelatihan dua kali dalam seminggu.

Baca juga : Mardiono Didoakan PPP Berjaya Di Pemilu 2024

“Dengan mengikuti latihan pencak silat, peserta tidak hanya belajar seni beladiri khas Indonesia. Tetapi dengan sendirinya dapat menghayati nilai-nilai kearifan Indonesia,” terang Dubes Hery.

Pencak Silat, lanjutnya, menjadi jembatan yang dapat memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Kenya pada tingkat akar rumput.

Baca juga : Keren, Inggris Kenalkan Rumah Sakit Virtual Di Sulsel

Pusat-pusat pelatihan (padepokan) Pencak Silat di Kenya berhasil dibentuk berkat kerja sama KBRI Nairobi dengan Federasi Pencak Silat Nasional Kenya.

Didirikan Juni 2021, Federasi Pencak Silat Kenya telah resmi diakui sebagai anggota Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (PERSILAT), yang bermarkas besar di Jakarta. Pengakuan tersebut diberikan melalui Certificate yang diterbitkan PERSILAT pada 28 Maret 2022. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.