Dark/Light Mode

Baju Adat Nusantara Meriahkan Parade Hari Kebangsaan Brunei Darussalam

Kamis, 23 Februari 2023 20:54 WIB
Masyarakat Indonesia yang berpartisipasi dalam perayaan Hari Kebangsaan Brunei Darussalam. tahunan tersebut. (Foto RM/KBRI Bandar Seri Begawan)
Masyarakat Indonesia yang berpartisipasi dalam perayaan Hari Kebangsaan Brunei Darussalam. tahunan tersebut. (Foto RM/KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di sepanjang jalan Kota Bandar Seri Begawan, Warga Brunei terkagum-kagum dan antusias menyaksikan beragam baju adat Nusantara dan batik yang dikenakan peserta Indonesia dalam parade (Perbarisan Kebangsaan) Hari Kebangsaan ke-39 Negara Brunei Darussalam, 23 Februari 2023.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam berpartisipasi dalam perayaan tahunan tersebut.

Tahun ini peserta parade 38 orang, yang merupakan gabungan staf KBRI Bandar Seri Begawan dan Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam (PERMAI). Dari jumlah tersebut, 22 peserta mengenakan pakaian adat mewakili berbagai provinsi di Tanah Air, dan 16 orang mengenakan batik hitam kecoklatan.

Baca juga : KLB 3 Penyakit, Prof Tjandra Ingatkan Pemerintah Kembali Masifkan Imunisasi Pasca Pandemi

Parade Indonesia menyusuri jalan Ibu Kota sepanjang 400 meter menuju ke Taman Haji Sir Muda Omar 'Ali Saifuddien untuk memberikan salam hormat kepada Sultan Haji Hassanal Bolkiah, keluarga diraja serta pejabat tinggi Brunei yang berada di tribun lapangan.

Turut menyaksikan dari tribun bersama Sultan Brunei Darussalam, yaitu Wakil Kepala Perwakilan RI, Irwan Iding, didampingi istri, Jeni Iding.

“Saya bangga dengan komunitas Indonesia yang setiap tahun terus meramaikan Parade Hari Kebangsaan, sekaligus memperagakan kekayaan budaya Indonesia, khususnya baju adat yang beragam bentuk dan warnanya," ucap Irwan Iding saat menyambut peserta Indonesia setelah acara parade selesai.

Baca juga : Keok Lawan Guatemala, Garuda Nusantara Bersiap Terbang Ke Uzbekistan

Peserta parade dari Indonesia mengungkapkan kegembiraan dan kebanggannya, bisa berpartisipasi. Mereka tiba-tiba merasa seperti menjadi seorang selebriti. Karena selama pawai, selalu menjadi pusat perhatian dengan memakai pakaian adat Nusantara. 

Beberapa warga Brunei malah menyempatkan diri mengambil swafoto dengan peserta berbaju adat, di sela-sela parade.

Perbarisan Kebangsaan tahun ini merupakan yang pertama kali diadakan pasca pandemi Covid-19. Setidaknya 161 kelompok/delegasi dengan jumlah total peserta sekitar 4.000 orang. Pesera terdiri dari kelompok militer, pemerintah, swasta, sekolah serta komunitas lokal dan asing.

Baca juga : Cerita Sukses BUMDesa Raup Ratusan Juta Dari Ekspor Kentang Dan Buncis Ke Singapura

Selain Indonesia, komunitas asing yang mengikuti parade kali ini antara lain komunitas Filipina, Thailand, Malaysia dan India.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.