Dark/Light Mode

Garuda Shield, TNI AD dan AD AS Latihan Bersama di Situbondo

Selasa, 20 Agustus 2019 14:37 WIB
Prosesi pembukaan latihan bersama TNI AD dengan pasukan AD AS di Situbondo, Senin (19/8). (Foto: Istimewa).
Prosesi pembukaan latihan bersama TNI AD dengan pasukan AD AS di Situbondo, Senin (19/8). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) dan angkatan darat Amerika Serikat di Pasifik, U.S. Army Pacific, memulai latihan bersama (Latma) Garuda Shield 2019 yang digelar di Asembagus, Jawa Timur pada 19-30 Agustus.

Garuda Shield merupakan latihan bersama bilateral yang digelar secara rutin setiap tahun yang disponsori oleh U.S. Army Pacific dan TNI-AD bertindak sebagai tuan rumah. “Tahun ini merupakan latihan ke-13 dari kelanjutan upaya untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan di kawasan ini,” bunyi siaran pers Kedutaan Besar AS di Jakarta, Selasa (20/8).

Baca juga : Pakai BRISPOT, Ajukan Pinjaman Bisa Cair dalam Hitungan Jam

Pembukaan latihan dipimpin langsung oleh Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto di Lapangan Upacara Dodiklatpur Kodam V Brawijaya. Sekitar 700 personel U.S. Army Pacific dari Jepang, California, Hawaii, negara bagian Washington dan Wincosin, dan sekitar 700 tentara Indonesia melakukan serangkaian kegiatan kemitraan dan latihan bilateral berfokus pada operasi pendukung perdamaian.

Kegiatan meliputi pelatihan untuk para staf brigade, latihan lapangan, latihan aviasi dan kesehatan, serta latihan menembak gabungan. Bagi U.S.Army Pacific latma Garuda Shield merupakan latihan ketiga dari program Pasifik Pathways 2019. Dalam pembukaan Latma Garuda Shield ini, juga ditampilkan antraksi terjun payung oleh kedua negara yang membawa bendera merah putih, bendera Kostrad, dan bendera Latma Garuda Shield, serta penampilan seni beladiri pencak silat.

Baca juga : TNI AD Latihan Bareng Pasukan Malaysia dan Philipina

Dalam pembukaan tersebut, juga dilakukan peninjauan langsung sarana dan prasarana latihan seperti pos komando, kantin, dapur dan fasilitas untuk mendukung kelancaran kegiatan Latma Garuda Shield-13 2019. Turut hadir dalam upacara pembukaan Garuda Shield ini MG. Jhon P."Pete" Johson, Deputy Commanding General U.S. Army Pacific [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.