Dark/Light Mode

Menlu Retno: RI Siap Penuhi Kebutuhan Pekerja Di Jepang

Selasa, 7 Maret 2023 20:42 WIB
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. (Foto Patrarizki Syahputra/RM)
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. (Foto Patrarizki Syahputra/RM)

 Sebelumnya 
Retno menekankan, ekonomi digital hari ini dapat mentransformasi ekonomi kedua negara. Dan tentunya, harus bisa memberdayakan masyarakat.

Selain isu SDM, Menlu RI juga meminta Jepang menyelesaikan Protokol Amandemen dari Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Langkah tersebut, menurut Retno, guna mengatasi hambatan perdagangan dan memperluas akses produk unggulan kedua negara.

Baca juga : GMC Sumsel Bantu UMKM Lewat Sosialisasi Gerakan Berbelanja Di Warung Tetangga

"Fleksibilitas sangat diperlukan dalam perundingan ini, terutama dalam penghapusan tarif produk tuna kaleng Indonesia," ujar Retno.

Isu lainnya yang perlu fleksibilitas adalah pengembangan sektor pekerja terampil di bidang pariwisata dan industri, serta relaksasi ketentuan khusus produk untuk kopi dan sorbitol, yaitu produk substitusi gula. Selain itu, Retno juga mendorong perluasan komoditas ekspor buah tropis Indonesia.

Baca juga : Minta Tunda Pemilu, Putusan PN Jakpus Berlebihan

Jepang merupakan mitra dagang terbesar ke-3 Indonesia. Tahun lalu, total perdagangan kedua negara mencapai 42 miliar dolar AS. Namun, lanjut Retno, angka ini masih jauh dibanding total perdagangan dengan negara Asia Timur lainnya. Selain perdagangan, Retno juga membahas investasi.

"Beberapa kerja sama potensial yang kita bahas, antara lain pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara," katanya. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.