Dark/Light Mode

Jadi Dubes RI Pertama Yang Ke IKN, Iwan Bogananta Siap Bawa Investor

Kamis, 9 Maret 2023 12:28 WIB
Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta (kiri), diterima Kepala Otorita IKN  Bambang Susantono di IKN, Rabu (8/3). Pertemuan diawali di Kantor Otorita IKN di Menara Mandiri II, Jakarta pada 2 Maret lalu. (Foto RM/KBRI Sofia)
Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta (kiri), diterima Kepala Otorita IKN Bambang Susantono di IKN, Rabu (8/3). Pertemuan diawali di Kantor Otorita IKN di Menara Mandiri II, Jakarta pada 2 Maret lalu. (Foto RM/KBRI Sofia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta menjadi Dubes RI pertama yang melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (8/3).

Dalam kesempatan tersebut, Iwan membawa para calon investor untuk berdiskusi dengan Sekretaris Utama Otorita IKN (OIKN) Achmad Jaka Santos mengenai peluang dan ketentuan berinvestasi di IKN.

Dari diskusi tersebut disampaikan, dari sisi pengusaha, penting untuk mendapatkan hasil investasi dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Achmad menyampaikan agar pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu disampaikan secara resmi melalui Letter of Intent (LoI).

Baca juga : Dubes RI Bulgaria Iwan Bogananta Bertemu Menteri Trenggono, Bahas Potensi Kerja Sama

Diskusi bersama Achmad menjadi bekal untuk kunjungan kerja ke IKN guna memenuhi undangan pertemuan dengan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. Hal ini dinilai penting karena dapat memberikan gambaran riil mengenai perkembangan pembangunan IKN. Dan akan meningkatkan kredibilitas dalam menyosialisasikan kepada publik di negara akreditasi, sekaligus dalam menarik investor asing.

"Kita harus tahu dulu kondisi riil di lapangan agar bisa menjelaskan secara komprehensif ke calon investor," keterangan Dubes Iwan, kemarin.

Selain itu, Iwan juga menyampaikan bahwa Dubes RI dan Perwakilan RI di luar negeri mempunya peran vital dalam membantu Pemerintah mengajak pengusaha asing. Tidak hanya untuk investasi, tetapi juga untuk merelokasi bisnis maupun kantornya ke IKN.

Baca juga : Chevron Gandeng Pertamina Kembangkan Teknologi Carbon Capture Storage

"Saya banyak bicara dengan para investor besar di negara akreditasi dan mereka sangat siap untuk berperan serta dalam investasi ke Indonesia," ucap Dubes Iwan.

Bambang Susantono sangat mengapresiasi kedatangan Iwan.

“Kami sangat senang dengan kunjungan seperti ini dan berharap seluruh Dubes dapat turut membantu Pemerintah mempromosikan IKN," pungkas Bambang.

Baca juga : Dubes RI Iwan Bogananta Dorong Pengusaha Makanan Jajaki Pasar Eropa

Lebih lanjut, Kepala Otorita memberikan materi sosialisasi mengenai IKN kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Sofia, Bulgaria. Dalam hal ini, KBRI Sofia akan aktif mendiseminasikan informasi mengenai dua hal.

Pertama, Nusantara sebagai sebuah Sustainable Forest City yang mematuhi semua kerangka dan hukum internasional di bidang lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Kedua, mensosialisasikan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2023 mengenai insentif yang diberikan kepada calon investor.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.