Dark/Light Mode

Peran Perempuan Iran dan Indonesia dalam Rekonstruksi Peradaban Baru Dunia

Jumat, 10 Maret 2023 15:05 WIB
Sebagaimana janji Imam Khomeini, kaum perempuanlah yang harus lebih banyak menikmati buah kemenangan revolusi. Maka, revolusi telah memasukkan perempuan Iran pada era yang belum pernah terjadi sebelumnya. [Foto ilustrasi: jakarta.icro.ir]
Sebagaimana janji Imam Khomeini, kaum perempuanlah yang harus lebih banyak menikmati buah kemenangan revolusi. Maka, revolusi telah memasukkan perempuan Iran pada era yang belum pernah terjadi sebelumnya. [Foto ilustrasi: jakarta.icro.ir]

 Sebelumnya 
Karena itu, serangan dan propaganda Barat belum mampu mereduksi kedudukan perempuan dalam sistem Republik Islam Iran. Hari demi hari perempuan dalam masyarakat Iran semakin bersinar di berbagai bidang ilmu pengetahuan, politik, manajemen sosial dan budaya.

Melihat sekilas berbagai publikasi dan buku di negara Iran, termasuk karya ilmiah, penelitian, sejarah, sastra, politik dan seni, yang diterbitkan atas nama perempuan, menunjukkan status ilmiah dan derajat perempuan yang tinggi. Perkembangan ini terlihat jelas di segala bidang.

Baca juga : Kontribusi Perempuan Iran dalam Mewujudkan Peradaban Baru Dunia

Aktivitas perempuan Iran di bidang kedokteran, sains dan teknologi juga sangat mengesankan, dan perempuan di bidang yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan modern telah dan menjadi sumber pengaruh dan kemajuan.

Statistik terkait suksesnya perempuan hadir di Republik Islam Iran setelah kemenangan Revolusi Islam di berbagai bidang sosial, ilmiah, politik, ekonomi dan olahraga adalah bukti dari peran positif dan mengesankan dari bagian masyarakat (perempuan) yang berpengaruh ini, yang saat ini bukan waktunya untuk menjelaskan statistiknya secara detail.

Baca juga : Perempuan Benteng Kokoh Halau Kekerasan dan Intoleransi Sejak Dini

Dalam pembentukan peradaban dunia, setiap anggota masyarakat memiliki peran dan tanggung jawab sesuai tugas masing-masing. Sebagai bagian masyarakat, perempuan juga harus menjadi sumber pengaruh dalam mewujudkan peradaban baru dan menunaikan tugasnya menuju terwujudnya cita-cita kemanusiaan masyarakat.

Berdasarkan pengetahuan saya tentang kondisi perempuan di Iran dan Indonesia, saya yakin, banyak isu di bidang ini dapat dibentuk dengan kerjasama dan sinergi dalam pembentukan masyarakat yang ideal, yaitu keunggulan peradaban yang bermuara pada perempuan. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.