Dark/Light Mode

Catatan Perjalanan Ke Iran (3)

Menukar Rial Iran Ke Ferdowsi Square

Sabtu, 11 Maret 2023 08:08 WIB
Kemacetan dengan pemandangan kaki Pegunungan Alborz di salah satu sudut Kota Teheran. [Foto: Rusma/RM.id]
Kemacetan dengan pemandangan kaki Pegunungan Alborz di salah satu sudut Kota Teheran. [Foto: Rusma/RM.id]

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada 18 hingga 25 Februari 2023 lalu, wartawan Rakyat Merdeka & RM.id, Muhammad Rusmadi berkesempatan mengunjungi Iran. Kunjungan ini difasilitasi oleh Konselor Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Indonesia, Dr Mohammad Reza Ebrahimi. Berikut catatan perjalanannya:

Setelah check-in di hotel, sore Sabtu, rekan saya yang asli Iran, Mohammad Khojasteh Bakht mengajak keluar hotel untuk mencari beberapa keperluan. Salah satunya, mata uang Iran, Rial.

Baca juga : Hotel Bersejarah, Perayaan 2.500 Tahun Kekaisaran Persia

Meski masih lumayan capek, saya tetap bersemangat. Apalagi pastinya, kami akan melihat-lihat lebih jauh lagi suasana Kota Teheran. Ibu kota negara Iran berpenduduk sekitar 8 juta ini, lagi-lagi merupakan kota bersejarah. Ibaratnya, kami akan menjelajahi sebuah museum hidup, yang terus berproses dengan kehidupan bangsa Iran!

Lebih dari setengah industri Iran terletak di salah satu kota dunia yang penting ini juga. Mulai dari produksi mobil, elektronik dan peralatan elektrik, senjata, tekstil, gula, semen dan produk kimia.

Baca juga : Keindahan Alborz, Menyapa Setiap Pendatang Ke Teheran

Teheran juga adalah pusat penjualan karpet dan mebel terkemuka. Termasuk, sebuah kilang minyak, juga berada dekat sini. Teheran adalah kota yang sarat dengan kehidupan yang terletak di kaki pegunungan Alborz dengan jaringan jalan tol yang tak tertandingi di Asia Barat. Kota ini juga merupakan hub jaringan kereta api Iran.

Juga banyak museum besar, pusat seni, kompleks istana yang terletak di Teheran.

Baca juga : Ganjar Pranowo Sowan Ke Tuan Guru Babussalam Besilam

Selain itu, komunitas masyarakat seperti kaum Persia, Armenia, Yahudi, Azeri, dan Afghan, termasuk tentunya pula, tempat-tempat ibadah berupa masjid, gereja dan sinagoge, juga ada disini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.