Dark/Light Mode

Catatan Perjalanan Ke Iran (4)

Berasa Aneh, Hari Kerja Di Iran Di Hari Minggu

Minggu, 12 Maret 2023 08:30 WIB
Duta Besar RI untuk Republik Islam Iran, merangkap Republik Turkmenistan, Ronny Prasetyo Yuliantoro (kanan), berkenan menerima wartawan Rakyat Merdeka & RM.id yang bertamu secara dadakan. [Foto: Rusma/RM.id]
Duta Besar RI untuk Republik Islam Iran, merangkap Republik Turkmenistan, Ronny Prasetyo Yuliantoro (kanan), berkenan menerima wartawan Rakyat Merdeka & RM.id yang bertamu secara dadakan. [Foto: Rusma/RM.id]

 Sebelumnya 
Sekitar 20-an menit menunggu, Hatef kembali. “Oke, ayo! Mereka (KBRI) bilang, silakan,” katanya.

Saya kaget. Nggak menyangka, pihak KBRI bersedia menerima tamu dadakan. Ya, dadakan! Karena memang tak ada janji lebih dulu dari kemarin-kemarin. “Hebat!” puji saya dalam hati.

Kami diminta sejenak menunggu duduk di ruangan yang biasa digunakan untuk tempat pengurusan visa Indonesia. Sayang, bangku-bangku di ruang tunggu ini dari bahan stainless. “Haduh, dingin!” ucap saya bergumam, menahan geli.

Baca juga : Menukar Rial Iran Ke Ferdowsi Square

Maklum, baru dari luar yang suhunya dingin di akhir musim salju. Badan masih dingin juga. Suhu hangat ruangan tak membuat tempat duduk ini hangat.

Menunggu sejenak, kami disuguhi teh panas. Saya juga diminta mengisi semacam form biodata. Ringkas saja isiannya. Sekadar nama, alamat kantor, nomor kontak.

Sekitar 15-an menit, kami diminta masuk. Akhirnya, saya bisa bertemu dengan Pak Ronny Prasetyo Yuliantoro, Duta Besar RI untuk Republik Islam Iran, merangkap Republik Turkmenistan!

Baca juga : Pastikan Keselamatan Perjalanan Kereta Cepat, KCIC Gaet KKJTJ

“Yang Mulia, terimakasih sekali sudah berkenan menerima kami. Padahal dadakan, tanpa janji lebih dulu,” sapa saya mohon maaf, kepada Dubes Ronny.

“Tidak apa-apa. Saya justru senang sekali menerima Anda sekalian,” jawabnya, ramah.

Mantan Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Tunisia (2012–2017) ini didampingi Minister Counsellor, Sri Wahyuni dan Third Secretary-Economic Affairs, Dimas Wibowo. (Bersambung)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.