Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Suriah Wajid Fauzi

Apresiasi Bantuan Baznas Untuk Korban Gempa Suriah

Sabtu, 1 April 2023 06:26 WIB
Duta BesarWajid Fauzi (tengah) bersama tim Baznas yang bersiap mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada korban gempa di Suriah, Selasa, 28 Maret 2023. (Foto KBRI Damaskus)
Duta BesarWajid Fauzi (tengah) bersama tim Baznas yang bersiap mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada korban gempa di Suriah, Selasa, 28 Maret 2023. (Foto KBRI Damaskus)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Suriah, Wajid Fauzi menyampaikan apresiasi kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Indonesia, yang sudah memberikan bantuan kemanusiaan pada korban gempa Suriah.

Ucapan terima kasih itu dia sampaikan saat menggelar rapat teknis penyerahan bantuan bersama Tim Kemanusiaan Baznas di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus, Suriah, Selasa (28/3).

Tim Kemanusiaan Baznas terdiri dari Imdadun Rahmat (koordinator), Fitriansyah Agus Setiawan, Taufiq Hidayat dan Yudhiarma MK.

Baca juga : JK: Kalau Indonesia Terima Israel Di Piala Dunia U20, Jalan Damai Untuk Palestina Akan Terbuka

Menurut Dubes Wajid, Pemerintah Suriah sangat bersyukur dengan bantuan kemanusiaan dari Indonesia. Kedatangan Baznas, sebutnya, memperkuat upaya Indoneaia dalam memberikan bantuan untuk para korban gempa.

“Alhamdulillah, kami sangat menghargai langkah Baznas dalam membantu korban gempa Suriah,” ujar Dubes Wajid dikutip dari keterangan resmi Baznas, Rabu (29/3).

Selain bantuan Baznas, Indonesia juga mengirimkan bantuan kemanusiaan yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga : Robi Darwis Dan Kakang Dapat Keringanan Tetap Bela Persib

Bantuan dalam bentuk barang senilai 1,1 juta dolar AS (sekitar Rp 16,5 miliar) dengan total berat 75 ton, dibawa dua pesawat Garuda Indonesia yang mendarat di Damaskus pada 22 Februari lalu. Sementara bantuan kemanusiaan tambahan dari Baznas, berupa 2.000 paket bantuan, seperti makanan dan kebutuhan dasar.

Imdadun Rahmat menjelaskan, ada 11 kebutuhan pokok dalam setiap paket yang akan dibagikan kepada para korban gempa di Aleppo dan Latakia. Yakni, beras, bubur burghul, kornet martadela, margarin, saos, teh, selai, minyak zaitun, plus produk mie instan buatan Indonesia, Indomie.

“Ini adalah bantuan dari para muzaki (pemberi zakat-Red) Indonesia yang telah mengamanatkan bantuan melalui Baznas,” terangnya.

Baca juga : Ganjar Milenial Center Sumsel Bawa Bantuan Untuk Korban Banjir Musi Rawas

Melalui sinergi dengan KBRI Damaskus dan Bulan Sabit Merah Suriah, Baznas menyalurkan bantuan secara langsung. Dubes Wajid Fauzi juga menjembatani koordinasi dengan Bulan Sabit Merah Suriah.

Tim Kemanusiaan Baznas diterima Presiden Bulan Sabit Merah Suriah, Khaled Hboubati, di Kantor Pusat Bulan Sabit Merah Suriah, Damaskus, Suriah, Selasa (28/3). ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.