Dark/Light Mode

Juara Ke-1 Dan Ke-3 Menghafal Al Qur’an

Keren, Hafidz Dan Hafidzah Muda Indonesia Sabet Penghargaan Sultan Brunei

Sabtu, 8 April 2023 12:40 WIB
Muhammad Bagus Mashum (kiri) dan Rahmiyatul Khairat menjadi juara 1 dan 3 lomba menghafal Al Quran di Brunei Darussalam. (Foto: KBRI Brunei Darussalam)
Muhammad Bagus Mashum (kiri) dan Rahmiyatul Khairat menjadi juara 1 dan 3 lomba menghafal Al Quran di Brunei Darussalam. (Foto: KBRI Brunei Darussalam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hafidz dan hafidzah muda Indonesia dengan suara emasnya berhasil menjadi juara pertama dan ketiga dalam menghafal Al Qur’an di Brunei Darussalam.

Keduanya pun mendapat penghargaan dan hadiah yang diserahkan langsung oleh Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam, Haji Hassanal Bolkiah dalam Acara Peringatan Nuzul Qur’an, Jumat (7/4). 

Lomba yang berjudul Musabaqah Menghafaz Al Qur’an Beserta Pemahamannya, Peringkat Negara Anggota MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) Tahun 1444 Hijrah itu berlangsung 5-6 April 2023 di Gedung International Convention Center, Bandar Seri Begawan. Acara diikuti peserta dari Brunei Darussalam, Indonesia dan Malaysia. Singapura tidak mengirimkan wakilnya dalam lomba tersebut.

Baca juga : Peran Perempuan Iran dan Indonesia dalam Rekonstruksi Peradaban Baru Dunia

Juri Musabaqah dibuat terpukau dengan penampilan hafidz dan hafidzah muda Indonesia. Hafidz muda dimaksud adalah Muhammad Bagus Mashum (16 tahun) dari Pesantren Ma'had Tahfiz Al-Qur’an Ibnu Ali Sidoarjo, Jawa Timur. Juara MTQ Nasional RI 2022 ini menjadi juara pertama tahfidz Al Quran 30 Juz dan memperoleh hadiah 7.000 BND atau Rp 78,66 juta.

Sedangkan, hafidzah muda yang lain adalah Rahmiyatul Khairat (15 tahun) dari Pesanten Mahad Tahfizhil Al Qur’an Daarut Taufiq Medan, Sumatera Utara. Juara MTQ Nasional RI 2022 ini menjadi juara ketiga tahfidz Al Qur’an 10 Juz, dan memperoleh hadiah 2.000 BND atau Rp 22,47 juta.

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Bandar Seri Begawan, Irwan Iding yang hadir dalam keseluruhan rangkaian kegiatan Musabaqah mengatakan, keberhasilan hafidz dan hafidzah muda Indonesia sebagai peserta Musabaqah MABIMS tahun ini sangat membanggakan. 

Baca juga : Mendag Zulkifli Hasan: Indonesia Siap Bantu Penanganan Gempa

“Hal ini mengingat pertanyaan-pertanyaan para Juri Musabaqah sangat detil, utamanya terkait pemahaman dari beberapa Juz Al Qur’an yang menjadi pilihan random semua peserta,” kata Irwan Iding

Tahun ini adalah tahun ke-7 penyelenggaraan ‘Musabaqah Menghafaz Al Qur’an Beserta Pemahamannya, Peringkat Negara Anggota MABIMS’. Kegiatan ini diadakan setiap dua tahun di Brunei. 

Musabaqah tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Hal Ehwal Ugama Negara (Kementerian Agama) Brunei Darussalam, melalui Pusat Pengajian dan Penyebaran Al-Quran MABIMS.

Baca juga : Fonterra Indonesia Raih Penghargaan Industri Hijau

Musabaqah bertujuan untuk membantu tercapainya Visi dan Misi MABIMS, seperti yang telah disepakati bersama dalam Pertemuan MABIMS ke-13 di Yogyakarta, Indonesia. Selain itu, Musabaqah juga bertujuan untuk menggerakkan proses pengembangan dan penyebaran Al Qur’an, serta pengajarannya di antara negara-negara MABIMS, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.