Dark/Light Mode

Sambangi Kedubes Turki Di Jakarta

Mendag Zulkifli Hasan: Indonesia Siap Bantu Penanganan Gempa

Rabu, 8 Februari 2023 15:59 WIB
Mendag Zulkifli Hasan saat menyambangi kantor kedutaan besar Turki di Jakarta, Rabu (8/2). (Foto: Ist)
Mendag Zulkifli Hasan saat menyambangi kantor kedutaan besar Turki di Jakarta, Rabu (8/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan jika Indonesia siap membantu pemerintah Turki dalam penanganan gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,8 yang terjadi pada Senin (6/2).

Hal itu disampaikan Mendag Zulhas saat menyambangi kantor kedutaan besar Turki di Jakarta, Rabu (8/2). Dalam kunjungannya Mendag Zulhas didampingi Bara Krishna Hasibuan untuk menemui Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia, Ahmet Cemil Miroglu.

"Indonesia siap untuk membantu Pemerintah Turki dalam penanganan gempa," ujar Ketua Umum Partai Amanat Nasional alias PAN ini.

Baca juga : Resmi Dilantik, Srikandi Donor Darah Indonesia Bantu Edukasi Masyarakat

Dalam kesempatan itu, Mendag Zulhas pun menyampaikan belasungkawa dan rasa simpati yang mendalam atas tragedi gempa bumi yang menimpa wilayah Turki tersebut.

"Menyampaikan belasungkawa dan rasa simpati yang mendalam atas tragedi gempa bumi beberapa hari lalu yang menewaskan ribuan orang," tandas Mendag Zulhas.

Sebelumnya, gempa dengan kekuatan magnitudo 7,8 terjadi di wilayah Turki pada Senin (6/2), yang mengakibatkan 500 korban jiwa dan 3.000 orang luka-luka.

Baca juga : Pengamat: Perppu Ciptaker Bawa Indonesia Siap Hadapi Tantangan Global

Selain Turki, beberapa negara seperti Suriah, Lebanon, dan Israel juga terdampak akibat peristiwa gempa yang terjadi di Turki.

Kedalaman gempa yang terjadi pada Senin (6/2) pukul 01.17.36 GMT(pukul 08.17.36 WIB) ini mencapai 24,1 kilometer.

Dikutip dari New York Times, lembaga pemantau geologi AS (USGS) mencatat ada 24 gempa susulan setelah gempa utama di Turki.

Baca juga : Misi Dagang Ke Arab Saudi, Mendag Zulkifli Hasan Saksikan Kerja Sama Senilai Rp 2,3 Triliun

Pusat gempa terjadi kira-kira di sepanjang Patahan Anatolia Timur (East Anatolian Fault). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.