Dark/Light Mode

Isu Lingkungan Hingga IKN Jadi Magnet

Anggota Kongres AS Sowan Ke Jokowi

Kamis, 13 April 2023 04:27 WIB
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan anggota Kongres Amerika Serikat, kemarin, di Istana Merdeka, Jakarta. (BPMI Setpres/Rusman)
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan anggota Kongres Amerika Serikat, kemarin, di Istana Merdeka, Jakarta. (BPMI Setpres/Rusman)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lima anggota Kongres Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat sowan ke Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin. Isu lingkungan hingga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi magnet dalam perbicangan mereka.

Kunjungan anggota Kongres AS itu merupakan wujud komitmen Negeri Paman Sam itu menjalin kerja sama dengan Indonesia serta Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Baca juga : Hashim Ungkit Jasa Kakaknya Ke Jokowi

Anggota Kongres AS itu adalah Senator Jeff Merkley, Senator Chris Van Hollen, anggota DPR Lloyd Doggett, anggota DPR Praila Jayapal, dan anggota DPR Ilhan Omar. Mereka didampingi, Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Yong Kim, dan Direktur USAID Jeffery Cohen.

Sementara Presiden Jokowi didampingi Menteri Luar Ne￾geri Retno Marsudi dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehut￾anan Siti Nurbaya.

Baca juga : Indonesia Calonkan Diri Sebagai Anggota Dewan HAM PBB

“Pihak AS memberikan komitmen mengenai pentingnya Indonesia sebagai mitra. Mereka juga berkomitmen memperdalam dan memperluas strategic partnership dengan Indonesia,” terang Menlu Retno usai pertemuan tersebut.

“Perwakilan Kongres AS juga memberikan dukungan pada keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini,” sambungnya.

Baca juga : Wolf Warrior China Sowan Ke Jokowi

Pada pertemuan tersebut, Menlu menjelaskan, Presiden bicara dengan data untuk menunjukkan pencapaian Indonesia di bidang perubahan iklim dan lingkungan.

“Termasuk kesuksesan Indonesia mengurangi kebakaran hutan sampai lebih dari 80 persen,” terang Retno.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.