Dark/Light Mode

Bahas Proyek Kereta Cepat Dan IKN

Wolf Warrior China Sowan Ke Jokowi

Kamis, 23 Februari 2023 06:07 WIB
Presiden Joko Widodo menerima Menteri Luar Negeri China Qin Gang di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 22 Februari 2023). (Foto Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo menerima Menteri Luar Negeri China Qin Gang di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 22 Februari 2023). (Foto Biro Pers Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri (Menlu) baru China, Qin Gang, Rabu (22/2), menyambangi Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan, keduanya antara lain membahas pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Ibu Kota Negara (IKN).

Ini merupakan kunjungan resmi pertama Wolf Warrior- julukan Qin Gang ke kawasan Asia, setelah dilantik menjadi Menlu China, pada Desember 2022. Ikut mendampingi Jokowi dalam pertemuan ini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Baca juga : Hadirkan Stasiun Kereta Api Cepat di Karawang, KCIC Terima Penghargaan

“Ini adalah kunjungan resmi pertama Menlu China ke kawasan kita, dan Jakarta untuk kali ini merupakan tujuan tunggal,” ungkap Retno seusai pertemuan.

Menurut Retno, Presiden Jokowi menyampaikan kepada Menlu Qin Gang mengenai pentingnya menggenjot kerja sama ekonomi. Pasalnya, China saat ini merupakan mitra dagang terbesar Indonesia dan neraca perdagangan Indonesia-China semakin lama kian seimbang.

Baca juga : BKS: Kereta Cepat Naikin Daya Saing

Pada pertemuan itu, Presiden Jokowi juga membahas beberapa kerja sama strategis yang perlu ditingkatkan di antara kedua negara.

“Yakni penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, pembangunan green industrial park di Kalimantan, pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara IKN), hingga hilirisasi industri yang tengah digencarkan Pemerintah Indonesia,” terang mantan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Belanda itu
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.