Dark/Light Mode

WNI Dan Muslim Rusia Bukber Di Tenda Ramadan Moskow

Kamis, 13 April 2023 10:50 WIB
Ratusan orang buka puasa bersama di pelataran Masjid Memorial Moskow, Rusia, Senin, 10 April 2023. (Foto RM/HO KBRI Moskow)
Ratusan orang buka puasa bersama di pelataran Masjid Memorial Moskow, Rusia, Senin, 10 April 2023. (Foto RM/HO KBRI Moskow)

 Sebelumnya 
Dubes Tavares menambahkan, dalam 10 tahun terakhir, Indonesia dan Rusia aktif membangun dialog keagamaan Islam. Di antaranya melalui partisipasi Indonesia dalam pertemuan the "Group of Strategi Vision Russia-Islamic World yang diinisiasi Russia Muftis Council; pemberian beasiswa Kementerian Agama RI bagi mahasiswa Muslim Rusia untuk untuk belajar di Universitas Islam di Jakarta, Malang dan Yogyakarta pada jenjang S1, S2 dan S3.

Tahun lalu, imbuh Tavares, seorang hafidzah Indonesia juga memenangkan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Kazan. Pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia rutin mengikuti pameran Russia Halal Expo maupun kehadiran pejabat Indonesia dalam acara tahunan International Economic Summit Russia-Islamic World: Kazan Summit.

Baca juga : MODENA Resmi Buka Home Center di Depok dan Bekasi

Mufti Moskow, Sheikh Ildar-khazrat Alyautdinov, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tinggi atas partisipasi Indonesia dalam mempererat tali persaudaraan dan kerja sama masyarakat kedua bangsa.

“Kami sangat berterima kasih atas partisipasi pertama kalinya KBRI Moskow dalam ini dan semoga tahun depan kembali hadir memeriahan acara,” katanya.

Baca juga : RJF, Dakwah Ala Pekerja Event Di Bulan Ramadan

Kegiatan Malam Budaya Indonesia semakin semarak saat MC acara, Airat Zagriev yang berbatik dan peci Indonesia, riang membacakan 10 kuis cerdas cermat mengenai Indonesia yang riuh diikuti hadirin.

Sebagai hasilnya, 10 orang terpilih sebagai pemenang kuis dan mendapatkan hadiah berupa kemeja batik, kain batik, baju Koko, dan peci khas Indonesia.

Baca juga : Ekspansi Gerai Di Mauk, Ria Busana Gelar Safari Ramadan

Kegiatan Tenda Ramadan di pelataran Masjid Memorial Moskow diadakan tiap tahun dan merupakan satu-satunya kegiatan bukber yang melibatkan berbagai perwakilan asing di Rusia serta LSM di Rusia.

Acara Tenda Ramadan tahun ini diikuti Azerbaijan, Tajikistan, Kazakhstan, Uni Emirat Arab, Qatar, Turki, Tajikistan, Indonesia, Iran, Uzbekistan, dan Turkeministan. Sejumlah negara tersebut menampilkan berbagai pertunjukan budaya masing-masing, khususnya budaya Islam, sambil menunggu waktu berbuka.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.