Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Korea Resmikan Program Tur TeKo Nang Jawa

Selasa, 3 September 2019 10:00 WIB
DADAH: Dubes Kim Chang-beom bersiap memulai tur TeKo Nang Jawa dengan bus dari Lotte Shopping Mall, Jakarta, kemarin. (Foto Diananda Rahmasari/Rakyat Merdeka)
DADAH: Dubes Kim Chang-beom bersiap memulai tur TeKo Nang Jawa dengan bus dari Lotte Shopping Mall, Jakarta, kemarin. (Foto Diananda Rahmasari/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tidak kurang dari 400 anak muda dari Jabodetabek ngumpul di aula Ice Lotte Mall, Jakarta, kemarin. Sejak pukul 1 siang, mereka sudah berkumpul dan sibuk berfoto dengan berbagai atribut berbau Korea.

“Kita diundang kick off TeKo Nang Jawa sama oppa Dubes Korsel,” komentar seorang ma- hasiswi asal Ciputat Nandira Putri yang datang bersama teman-temannya.

Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta tengah mengadakan program tur budaya berjudul ‘Teman Korea Nang Jawa’ atau disingkat TeKo Nang Jawa. Yang kira-kira maksudnya datang ke Jawa. Tur yang berlangsung 2-7 September mulai dari Jakarta dan berakhir di Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga : Airlangga Resmikan Rumah Pemenangan Munas Golkar

“Tak kenal maka tak sayang. Iya kan? Ini gebrakan baru kita mempromosikan budaya Korea sambil bertegur sapa dengan warga di sepanjang jalan,” jelas Duta Besar Korea Selatan Untuk Indonesia Kim Cjang-beom yang ikut menghadiri peresmian TeKo Nang Jawa.

Dubes Kim dan tim Kedubes Korsel akan menaiki bus dan memulai tur dari Jakarta, Cirebon (3/9), Brebes (4/9), Solo (5/9) dan Surabaya (6-7/9). Dubes Kim dengan sema- ngat menjamin dirinya akan banyak mengabadikan foto se panjang perjalanan melintas tol Trans-Jawa.

“Dibukanya tol Trans Jawa memudahkan kami mempromosikan budaya Korsel ke kota- kota di Pulau Jawa. Sebaliknya, kami juga memperkenalkan budaya Indonesia ke Korsel,” ucapnya.

Baca juga : Dubes Malaysia Nilai Gojek Pas Beroperasi di Malaysia

Ia berharap, dengan kegiatan ini hubungan antar warga Indo- nesia-Korsel makin lengket. “Soalnya untuk warga Korea, mereka kebanyakan tahu kota besar seperti Jakarta dan Bali saja. Dengan ini, akan lebih banyak yang tahu soal Indonesia,” lanjut Dubes Kim.

TeKo Nang Jawa akan menghadirkan makanan khas Korea yang disajikan di foodtruck, tari-tarian khas Negeri Ginseng serta budaya lainnya. Kim juga akan menjadi pembicara di Universitas Surabaya. Semua acara, lanjut Dubes Kim, tidak memungut biaya. Para pecinta Korean Wave bisa ikut serta meramaikan kegiatan ini.

“Bawa sebanyak mungkin teman. Kita ada banyak kegiatan,” promonya.

Baca juga : Mega Yakin, Korea Bersatu Akan Segera Terwujud

Dubes Kim mengaku, pemilihan nama TeKo Nang Jawa didapat dari diskusi matang dengan staf lokal Kedubes Korsel yang menunjukkan keakraban budaya serta hubungan antarmasyarakat kedua negara.

“Tahun depan, mungkin akan ada TeKo Nang Jawa Season 2 yang akan dimulai dari Ban- dung, Yogyakarta, Semarang, Malang dan Banyuwangi,” tandasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.